Pengertian Penyakit Stroke Sebelah Dan Cara Mengatasinya

Pengertian Penyakit Stroke Sebelah Dan Cara Mengatasinya – Penyakit stroke adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah ke otak dan bisa juga bisa terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga sel-sel pada otak mengalami kematian dan tubuh bisa mengalami kelumpuhan. Stroke juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti darah tinggi yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat memecahkan pembuluh darah pada otak. Ketika pasokan darah terputus yang membawa nutrisi ke otak, maka otak tidak dapat berfungsi dengan sendirinya. Aliran darah ke otak yang terputus dapat membuat sel-sel pada otak mengalami kematian sehingga membuat penderita tidak dapat mengfungsikan otak sebagaimana seharusnya.

Penyakit stroke terkenal sering menyerang kalangan orang tua yang berumuran sekitar 40 tahun keatas, akan tetapi dalam beberapa kasus stroke juga dapat terjadi pada kalangan muda, hal ini karena diakibatkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat kalangan muda jaman sekarang. Penyakit stroke merupakan penyakit yang harus diwaspadai atau harus segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Biasanya seseorang yang mengalami stroke tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan stroke ini bisa menyerang satu bagian tubuh baik itu kiri atau pun kanan tubuh.

stroke sebelah

Stroke juga memiliki beberapa tingkatan yaitu stroke ringan dan stroke berat. Perbedaan mendasar antara stroke ringan dengan stroke adalah ukuran atau tingkat keparahan sumbatan yang menghalangi aliran darah ke otak. Pada stroke ringan, sumbatan tergolong kecil sehingga bisa diperbaiki kembali oleh sistem pertahanan dalam tubuh. Akibatnya, gejala stroke ringan tidak bersifat permanen dan segera hilang. Jika sumbatan tersebut lebih besar atau parah, maka bisa terjadi stroke sepenuhnya.

Stroke yang terjadi pada sebelah kiri biasanya sering menyerang pada kaum wanita. Stroke pada bagian sebelah kiri ini tergolong stroke dengan resiko parah, hal ini karena menyerang otak bagian kiri yang memiliki fungsi sebagai daya ingat manusia. Stroke yang menyerang bagian otak sebelah kiri ini biasanya mempengaruhi organ tubuh bagian kanan. Seperti tangan sebelah kanan, kaki sebelah kanan, bibir bagian kanan saja. Maka dari itu penderita penyakit stroke sebelah kiri ini juga dicirikan dengan bibir sebelah kanan mencong atau tidak normal seperti biasanya. Akan tetapi, pada bagian tubuh yang sebelah kiri bisa berfungsi normal.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan stroke sebeleh kiri antara lain yaitu adanya riwayat keluarga, usia, jenis kelamin, penyakit hipertensi atau darah tinggi, penyakit diabetes melitus, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu juga bisa diakibatkan karena rokok, bagi seseorang yang merupakan perokok aktif memiliki risiko sangat besar  mengalami stroke. Ini dikarenakan merokok memiliki kadar fibrinogen yang tinggi di dalam darah. Peningkatan fibrinogen pada darah dapat mengakibatkan penebalan pembuluh didalam darah. Sehingga pembuluh darah menjadi kaku dan dapat juga mengganggu aliran darah ke jantung. Dan juga memiliki resiko yang sangat tinggi untuk pembuluh darah tersebut pecah. Karenanya bagi penderita jantung, diabetes dan darah tinggi sangat dianjurkan untuk tidak lagi merokok.

Cara Mengatasi Stroke Sebelah (Stroke Ringan)

Stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan pasti sangat membutuhkan proses yang lama dan juga biaya yang mahal untuk dapat menormalkan kembali fungsi tubuh yang mengalami kelumpuhan akibat penyakit stroke. Selain itu stroke juga adalah penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi seperti kematian jika tidak tangani dengan cepat dan tepat. Untuk itu mencegah terjadinya kelumpuhan stroke sebelah ini sangat penting dilakukan agar stroke tidak melumpuhkan seluruh tubuh kita. Hal yang penting dilakukan untuk mengatasi stroke sebelah adalah upakan penderita segera mendapatkan pertolongan, dan penderita stroke tidak boleh melebihi 12 jam, akan jauh lebih baik jika pertolongan diberikan dalam waktu atau durasi 3 jam pertama setelah terjadinya serangan awal stroke.

stroke lumpuh sebelah

Penanganan pertama bagi orang yang terkena stroke adalah dengan menusukkan jarum pada telapak kaki, tujuannya untuk mengurangi tekanan darah di dalam tubuh. Setelah itu, upayakan orang yang terserang stroke tidak mengalami benturan apapun dikepalanya. Mengingat dampak buruk dari stroke yang dapat membuat kelumpuhan pada tubuh baik itu sebelah ataupun seluruh tubuh, akan lebih baik jika anda segera melakukan pencegahan mulai dari sekarang. Stroke sebelah bisa sangat berbahaya bahkan mematikan, karena stroke tersebut merupakan tanda awal dari penyakit stroke yang sebenarnya.

Baca Juga : Obat Alami Stroke

Penyakit stroke merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakuti setelah penyakit kanker. Penyakit ini menyebabkan semua anggota tubuh kita kehilangan fungsinya dengan baik. Oleh sebab itu, mulailah melakukan gaya hidup sehat sejak dini agar risiko terkena stroke dapat berkurang. Stroke bukan hanya penyakit orang tua, namun bisa juga terjadi pada anak muda yang memiliki gaya hidup tidak sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s