Perbedaan Antara Serangan Stroke Dan Serangan Jantung

Perbedaan Antara Serangan Stroke Dan Serangan Jantung – Stroke dan serangan jantung merupakan salah satu masalah atau kondisi medis yang berhubungan dengan pembentukan bekuan dalam pembuluh darah dan penyumbatan arteri sehingga terkadang kita sering kebingungan untuk membedakannya. Kedua masalah kesehatan yaitu serangan stroke dan serangan jantungn merupakan situasi yang menempatkan seseorang diantara hidup dan mati, hal ini karena kedua masalah kesehatan tersebut merupakan masalah yang serius dan sangat membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat. Kedua masalah kesehatan tersebut tidak bisa dianggap sepele karena kita semua tahu bahwa keduanya memiliki komplikasi atau dampak yang mengerikan pada kesehatan. Namun, beberapa orang masih bingung membedakan antara serangan stroke dan serangan jantung meskipun keduanya sama-sama berkaitan dengan masalah pada pembuluh darah.

jantung dan stroke

Maka dari itu, kita sangat perlu mengetahui perbedaan antara stroke dan serangan jantung ini, sebab hal ini memiliki risiko yang tidak baik bagi kesehatan. Stroke sendiri merupakan salah satu penyakit atau masalah kesehatan yang dapat membuat seseorang mengalami kelumpuhan sehingga banyak orang yang mengalami stroke merasa putus asa. Sedangkan serangan jantung merupakan salah satu penyakit pembunuh, hal ini karena jantung merupakan organ vital manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Penyebab stroke dan serangan jantung

Stroke sendiri merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh penderita, bahkan penyebab kematian. Stroke disebabkan karena penyumbatan di pembuluh darah di leher atau otak, jika penyumbatan terjadi di batang otak, efeknya termasuk kesulitan dalam mengendalikan ekskresi, sulit bernapas, sulit menelan dan kehilangan kesadaran. Apabila penyumbatan terjadi dibagian depan otak maka dapat mempengaruhi memori, ucapan, komunikasi serta mengganggu kemampuan dalam hal kemampuan logis.

Sedangkan serangan jantung disebabkan karena penyumbatan arteri di jantung. Penyumbatan ini biasanya disebabkan karena bekuan darah atau plak karena penumpukan kolesterol dalam arteri. Pembentukan plak ini pada akhirnya menyumbat arteri atau kemudian pecah sehingga trombosit darah menempel membentuk gumpalan. Jika gumpalan ini melepaskan diri dari dinding arteri maka gumpalan ini akan mengalir kejantung sehingga mencegah aliran darah ke jantung yang pada akhirnya menyebabkan otot-otot jantung mulai mata dan menyebabkan serangan jantung.

Penyebab dari stroke dan serangan jantung sama-sama berasal dari pembuluh darah yang tersumbat, maka dari itu kita harus bisa menjaga kesehatan aliran dengan baik. Ketika era globalisasi menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh, negara berkembang dapat segera meniru kebiasaan negara barat yang dianggap cermin pola hidup modern. Banyak perilaku yang ditiru seperti mangkonsumsi makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, kebiasaan merokok, minum alkohol, kerja berlebihan, kurangnya berolahraga, dan sering memiliki beban pikiran atau stress berlebihan, telah menjadi gaya hidup manusia saat ini. Padahal semua perilaku tersebut dapat merusak faktor-faktor penyakit jantung dan stroke.

Banyak masyarakat tidak dapat membedakan penyakit stroke dengan penyakit jantung, kedua masalah kesehatan ini dapat disebabkan dengan pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup tidak baik. Berikut ini ada beberapa perbedaan antara serangan stroke dan serangan jantung, yaitu :

1. Stroke pada dasarnya terkait dengan otak, sedangkan serangan jantung terkait dengan gangguan jantung itu sendiri.

2. Nyeri pada kasus stroke sering kali diabaikan bahkan tidak ada sama sekali dan umumnya diawali dengan hilangnya kontrol dibagian tubuh tertentu seperti lengan atau wajah, sedangkan dalam kasus serangan jantung, rasa sakit biasanya ditandai dengan kram otot dada atau jantung.

3. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan total atau hanya sebagian tubuh tertentu, sedangkan dalam serangan jantung, otot jantung akan melemahkan atau merusak setiap bagian dari tubuh dalam jangka panjang.

4. Stroke hanya mempengaruhi bagian tertentu dari otak dan tergantung pada arteri yang terpengaruh, sedangkan serangan jantung seluruh jantung akan terpengaruh.

5. Stroke menyebabkan bagian tertentu tubuh yang dikendalikan oleh otak tersebut yang mengalami gangguan pasokan darah, sedangkan dalam kasus serangan jantung akan mempengaruhi seluru tubuh.

Gejala umum stroke biasa seperti bicara cadel, kebingungan dalam memahami apa yang dikatakan oleh orang-orang sekitar, mengalami masalah penglihatan, penurunan koorndinasi gerakan, pusing, otot melemah dan mati rasa pada anggota tubuh tertentu. Sementara untuk gejala umum dari serangan jantung adalah nyeri di dada, leher, dada terasa sesak, nyeri pada lengan dan diantara tulang belikat, keringat dingin, sesak nafas. Maka dari itu, sangat penting untuk kita semua dalam menjaga gaya hidup dengan baik.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Cobalah ubah pola makan dan olahraga secara rutin dan teratur sejak dini untuk mencegah dan mengobati stroke dan serangan jantung secara alami. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk selalu memeriksakan kesehatan ke dokter untuk mengetahui kemungkinan adanya gejala penyakit stroke atau serangan jantung, sehingga anda dapat dengan mudah melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s