Mengenal Penyakit Stroke Iskemik Gejala Dan Penyebabnya

Mengenal Penyakit Stroke Iskemik Gejala Dan Penyebabnya – Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Otak dapat berfungsi dengan baik jika pasokan oksigen dan nutrisi yang disediakan darah mengalir dengan baik. Jika pasokan darah terhambat, maka otak akan rusak, bahkan seseorang yang terkena stroke bisa meninggal. Penyakit stroke terbagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Untuk kali ini kita akan membahas tentang jenis stroke iskemik gejala dan penyebab terjadi penyakit stroke jenis ini.

Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan karena adanya hambatan atau sumbatan pada pembuluh darah di otak tertentu sehingga daerah otak yang diperdarahi oleh pembuluh darah tersebut tidak mendapatkan pasokan energi dan oksigen, sehingga pada akhirnya jaringan sel-sel otak di daerah tersebut mati dan tidak berfungsi lagi. Penyumbatan yang terjadi pada stroke iskemik ini diakibatkan karena faktor pola hidup termasuk pola makan yang tidak sehat dan tidak baik. Sebagian besar stroke iskemik terjadi di hemisfer otak, meskipun terjadi di otak kecil atau batang otak. Beberapa stroke iskemik di hemisfer tampaknya bersifat ringan (sekitar 20 dari semua stroke iskemik).

stroke iskemik

Penyebab terjadinya stroke iskemik harus kita ketahui karena penyakit stroke sendiri termasuk sebagai jenis penyakit yang paling mematikan yang dapat menimbulkan kematian secara mendadak. Kita juga mungkin sering melihat bagaimana kondisi penderita stroke yang tidak dapat hidup secara normal karena gangguan sistem organ dan menjadi tergantung dengan penggunaan obat-obatan. Stroke iskemik ini merupakan stroke yang akan terjadi jika pembuluh darah yang memberikan pasokan darah ke otak menjadi tersumbat. sebanyak 90 persen stroke yang dialami oleh manusia adalah stroke dengan jenis iskemik. Stroke ini dipicu oleh penumpukan lemak yang ada di dinding pembuluh darah. Kolesterol juga menjadi pemicu munculnya serangan stroke ini. Tidak hanya kolesterol saja, namun lemak dan berbagai zat yang melekat di dinding pembuluh darah arteri jantung menjadi pemicu dari penyakit stroke iskemik.

Maka untuk itu, kita harus berhati-hati dengan penyakit stroke sebab jika sudah terkena penyakit maka sangat sulit untuk sembuh secara total kembali. Stroke mungkin lebih terkenal dapat menyerang para orang tua atau mereka yang berusia lanjut, namun saat ini tidak tertutup kemungkinan stroke dapat menyerang orang yang masih berusia muda, hal ini karena anak muda sekarang kebanyakan memiliki pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dan seringkali memiliki kebiasaan yang dapat menimbulkan suatu penyakit. Berikut ini ada beberapa gejala awal serangan iskemik yang harus kita waspadai, antara lain :

– Nyeri kepala disertai penurunan kesadaran, bahkan bisa mengalami koma (perdarahan otak).
– Kelemahan atau kelumpuhan pada lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh.
– Mendadak seluruh badan lemas dan terkulai tanpa hilang kesadaran (drop attack) atau disertai hilang kesadaran sejenak (sinkop).
– Gangguan penglihatan (mata kabur) pada satu atau dua mata.
– Gangguan keseimbangan berupa vertigo dan sempoyongan (ataksia).
– Rasa baal pada wajah atau anggota badan satu sisi atau dua sisi.
– Kelemahan atau kelumpuhan wajah atau anggota badan satu sisi atau dua sisi.
– Kehilangan sebagian atau seluruh kemampuan bicara (afasia).
– Gangguan daya ingat atau memori baru (amnesia).
– Gangguan orientasi tempat, waktu dan orang.
– Gangguan menelan cairan atau makanan padat (disfagia).

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas maka ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi langsung. Sebab stroke kadang tidak memiliki gejala sama sekali dan baru diketahui setelah kondisinya parah. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika sebagaian sel-sel otak mengalami kematian akibat gangguan aliran darah karena sumbatan atu pecahnya pembuluh darah di otak. Penyebab terjadi stroke iskemik ini bisa berasal dari penyakit kolesterol, serangan jantung, diabetes, atau bisa juga karena genetik, usia, jenis kelamin, ras serta bisa juga disebabkan karena obat-obatan yang sembarangan anda pakai.

Baca Juga : Obat Alami Stroke

Maka dari itu rawat dan jagalah kesehatan dengan baik sebab stroke merupakan penyakit yang dapat membuat anda mengalami kelumpuhan dan untuk sembuh seperti semula membutuhkan waktu yang sangat lama. Mulailah untuk melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar anda dapat terhindar dari risiko terkena penyakit stroke sejak dini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s