Mengenal Jenis Stroke Dan Penyebabnya

Mengenal Jenis Stroke Dan Penyebabnya – Stroke merupakan penyakit yang sangat dikenal menakutkan bagi siapapun dan stroke juga adalah penyakit yang dapat membuat tubuh kita mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan yang disebabkan oleh stroke terjadi akibat penanganan yang tidak tepat. Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah di otak atau pecahnya pembuluh darah di otak. Sehingga akibat penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah tersebut, bagian otak tertentu berkurang bahkan terhenti suplai oksigennya sehingga menjadi rusak atau sel dalam tubuh mati. Akibatnya timbul berbagai macam gejala sesuai dengan daerah otak yang terlibat, seperti wajah lumpuh sebelah, bicara pelo (cadel), lumpuh anggota gerak, bahkan koma atau juga bisa mengakibatkan kematian. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan mengingat stroke kita mulai menyerang anak muda, walaupun memang stroke terkenal sering menyerang mereka berusia lanjut namun kali ini stroke juga dapat menyerang anak muda.

Stroke yang terjadi pada anak muda disebabkan karena gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang sembarangan sehingga sangat mudah tubuh mengalami masalah baik itu ringan maupun berat. Stroke ini dapat menghilangkan fungsi otak kita, ini dikarenakan terhentinya aliran darah ke area otak kita. Jika aliran darah berhenti selama lebih dari beberapa detik, sel-sel jaringan otak yang tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen dapat mati dan menyebabkan kerusakan fungsi otak secara permanen. Maka dari itu penting untuk kita mengetahui tentang penyakit stroke ini, agar kita lebih mudah dalam melakukan pencegahan sebab stroke ini dapat merusak sistem saraf manusia.

jenis stroke

Banyak orang mengerti apa itu serangan stroke, namun yang tidak banyak orang pahami adalah bahwa stroke ini memiliki banyak jenisnya. Masing-masing jenis stroke bisa memiliki penyebab yang berbeda maupun dampak bagi tubuh yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenal dan mengetahui jenis stroke dengan baik. Namun, sebagian orang menganggap bahwa semua penyakit stroke itu sama padahal jenis penyakit stroke berbeda. Berikut ini adalah jenis penyakit stroke yang wajib diketahui :

1. Stroke Iskemik

Stroke iskemik ini merupakan stroke yang akan terjadi jika pembuluh darah yang memberikan pasokan darah ke otak menjadi tersumbat. Sebanyak 90 persen stroke yang dialami oleh manusia adalah stroke dengan jenis iskemik. Stroke ini dipicu oleh penumpukan lemak yang ada di dinding pembuluh darah. Kolesterol juga menjadi pemicu munculnya serangan stroke ini. Tidak hanya kolesterol saja, namun lemak dan berbagai zat yang melekat di dinding pembuluh darah arteri jantung menjadi pemicu dari penyakit stroke iskemik.

Semua zat yang lengket dan melekat pada pembuluh darah disebut dengan plak. Plak itu akan semakin menumpuk dan melekat di pembuluh darah. Penumpukan plak yang ada di pembuluh darah itu tidak akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah arteri jantung. Aliran darah dan juga oksigen pun akan menjadi tersumbat karena pembuluh darah juga mengalami penyumbatan. Plak juga bisa menyebabkan darah mengalami pembekuan. Stroke iskemik ini dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut ini :

Stroke trombotik. Penyumbatan pembuluh darah pada stroke trombotik disebabkan oleh adanya penggumpalan darah di pembuluh arteri yang semakin mengalami penyempitan akibat adanya penggumpalan darah tersebut.

Stroke embolik. Stroke embolik merupakan stroke yang disebabkan dengan adanya trombus atau penggumpalan darah. Gelembung udara dan juga pecahan lemak juga bisa menjadi penyumbatan pembuluh darah yang ada di jantung, dada serta leher. Sistem ini bisa menjadikan kelainan jantung yang disebut dengan fibrilasi atrium sehingga mampu menciptakan kondisi darah yang menggumpal itu bisa dipompa dan diedarkan menuju ke otak sehingga penyumbatan berubah berada di dalam otak.

2. Stroke Hemoragik

Stroke yang kedua adalah stroke hemoragik yang ditandai dengan adanya pendarahan bagi penderita stroke. Stroke ini banyak disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami kebocoran akibatnya adalah suplai darah menuju ke jaringan yang ada di otak menjadi terhenti. Tidak hanya itu saja, darah yang mengalir dan membanjiri tubuh akan mematikan jaringan otak dan mengganggu sel otak. Berikut ini adalah dua jenis penyebab stroke hemoragik :

Intraserebral. Stroke ini adalah kondisi stroke dimana terjadi pendarahan intraserebral yang ada di dalam otak. Kebanyakan pendarahan ini diakibatkan oleh cedera otak. Ketika seseorang terjatuh dari sepeda motornya kemudian kepalanya terbentur orang itu memiliki resiko untuk terkena stroke akibat trauma otak yang dialaminya. Selain cedera otak yang menyebabkan stroke jenis ini adalah adanya kelainan di pembuluh darah. Stroke dengan jenis ini memiliki persentase sekitar 10 persen dari jenis stroke yang dialami oleh manusia yang ada di dunia. Sayangnya stroke ini menjadi penyumbang kematian terbesar yang diakibatkan oleh penyakit stroke.

Subarachnoid. Stroke ini merupakan stroke yang ditandai dengan pendarahan yang ada di ruang subarachnoid. Subarachnoid itu merupakan ruang yang ada diantara lapisan dalam lapisan tengah yang ada di jaringan selaput otak. Stroke ini merupakan kondisi medis yang darurat sehingga berakibat pada cacat permanen bahkan bisa mengakibatkan kematian. Stroke ini juga banyak dialami oleh wanita dibandingkan pada pria.

Baca Juga : Obat Alami Stroke

Apapun jenis stroke yang dialami seseorang, yang pasti kondisi tersebut harus segera ditangani sebaik mungkin. Dengan penanganan secepat mungkin, harapan kesembuhan dan pemulihan seorang pasien stroke akan lebih efektif. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga kesehatan dengan baik, aturlah gaya hidup dan pola makan dengan baik. Berikan nutrisi yang cukup bagi tubuh, sebab tubuh manusia sangat membutuhkan nurtisi yang cukup, dengan mengkonsumsi makanan sehat yang berasal dari buah dan sayur saja sudah cukup untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh. Stroke juga bisa menurunkan kualitas hidup penderita sebab penderita tidak akan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Oleh sebab itu mencegah stroke lebih baik dibandingkan dengan mengobati, cara menghindarinya adalah dengan menghindari penyebab stroke.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s