Olahraga Yang Dapat Memulihkan Penderita Stroke

Olahraga Yang Dapat Memulihkan Penderita Stroke – Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena kurangnya aliran darah dan pasokan oksigen ke dalam otak. Hal ini disebabkan karena adanya penyempitan atau bahkan pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke terjadi tanpa ada gejala-gejala yang pasti, maka memang sangat sulit untuk mengenali penyakit stroke dan seringkali kita menyadarinya saat kondisi stroke sudah mulai parah. Gejala stroke biasanya diawali dengan kesemutan, lalu kelumpuhan alat gerak tubuh kita, termasuk kesulitan bicara. Oleh karena itu, penyakit stroke tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab stroke ini dapat membuat penderitanya mengalami kecacatan bahkan bisa menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat. Selain itu, meskipun saat anda melakukan pengobatan dan dinyatakan telah sembuh, akan tetapi anda harus tetap melakukan perawatan khusus untuk pemulihan penderita stroke.

Dalam upaya pemulihan penderita stroke, anda harus terlebih dahulu mengetahui faktor-faktor pemicu terjadinya stroke. Hal ini bertujuan agar penderita tidak mengalami stroke untuk kedua kalinya. Sebab jika trjadi, stroke yang kedua akan lebih parah dan lebih sulit untuk dipulihkan dibandingkan dengan stroke yang pertama. Hal yang dapat mendukung terjadi stroke antara lain karena memiliki keluarga yang pernah menderita penyakit tersebut. Kemudian penderita darah tinggi, kolesterol, penderita diabetes, perokok, pecandu alkohol, dan obesitas memiliki potensi lebih tinggi untuk mengalami stroke. Setelah anda mengetahui pemicu terjadinya stroke, ada baiknya pada masa pembulihan stroke anda harus menghindari pemicu tersebut karena dengan itu anda bisa menghindari terkena stroke untuk kedua kalinya.

olahraga stroke

Penderita stroke biasanya akan mengalami lumpuh sebelah pada tubuh, lalu mengalami gangguan komumikasi, gangguan penglihatan, cenderung mudah emosi, dan hal tersebut tentunya membatasi si penderita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dalam masa pemulihan penderita stroke umumnya penderita akan mendapatkan bekas cacat, terutama bagi mereka yang mengalami atau menderita stroke berat. Sebab sebelumnya pendeerita sempat mengalami kerusakan pada alat gerak, otot dan otak. Namun meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa pasien stroke dapat pulih secara total. Untuk melakukan pemulihan pada penderita stroke biasanya sering dilakukan rehabilitasi stroke.

Namun, selain itu ada cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk membantu dalam pemulihan stroke yaitu dengan cara melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Latihan olaharaga penting untuk memelihara kebugaran fisik dan mental, juga dapat mencegah penyakit-penyakit tidak menular degeratif, kronis. Olahraga membantu banyak orang menjadi lebih sehat dan mungkin memperkuat sistem kekebalan tubuh. Olahraga tidak dapat mengendalikan atau melawan penyakit, tetapi dapat membantu kita merasa lebih sehat dan melawan berbagai dampak dari penyakit dan efek samping obat-obatan yang dipakai seseorang. Maka dari itu, melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga bisa membantu proses pemulihan stroke secara alami. Berikut ini ada beberapa olahraga yang dapat anda lakukan untuk pemulihan stroke, antara lain :

– Jalan Kaki

Olahraga yang satu ini adalah olahraga yang paling ringan dan sangat mudah dilakukan kapan pun dan dimana pun. Selain bermanfaat untuk memulihan stroke, olahraga ini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan, dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Meski jalan kaki terlihat mudah, namun tidak sedikit penderita stroke takut melakukannya, alasannya karena mereka takut terjatuh. Oleh sebab itu, dibutuhkan dukungan keluarga dan orang-orang terdekat untuk meyakinkan penderita stroke agar aktif berjalan kaki. Selain itu, anda juga bisa menggunakan alat bantu untuk mengurangi kecemasan penderita, misalnya tongkat atau alat bantu untuk berjalan lainnya.

– Latihan di air

Latihan ini dipercaya dapat membantu proses pemulihan penyakit stroke. Hal ini lantaran pengaruh daya apun air yang membuat tubuh lebih ringan dibandingkan ketika berjalan di darah yang lebih berat akibat tarik gravitasi bumi. Renang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita penyakit stroke yakni dengan cara merangsang sel-sel sensorik dan otak serta menguatkan ketahanan otot.

– Senam aerobik

Ternyata senam aerobik baik dilakukan oleh penderita stroke. Selain itu, senam aerobik juga dapat membantu kesehatan dan kebugaran penderita stroke. Latihan senam aerobik yang rutin dapat meningkatkan pasokan oksigen, menguatakn otot tubuh, serta menambah kelenturan. Aerobik yang cocok bagi penderita stroke adalah low impact, misalnya senam lansia, senam pernapasan, senam stroke, senam lanti, dan lain-lain.

Itulah beberapa olaharaga yang dapat membantu penderita stroke dalam proses penyembuhannya. Selain itu, anda juga bisa membantu proses menyembuhan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu tubuh mendapatkan nurtisi kembali, makanan sehat yang berasal dari buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang cocok untuk mendapatkan nurtisi, karena makanan yang alami sangat baik untuk tubuh, dan anda juga bisa mengkonsumsi obat alami stroke yang berbahan dasar alami, hal ini karena obat yang mengandung bahan alami minim akan efek samping dibandingkan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia, yang justru akan menimbulkan efek berbahaya pada kesehatan anda. Maka dari itu, untuk proses dalam pemulihan stroke, penderita sangat membutuhkan dorongan mental dari keluarga dan kerabat dekat, agar penderita stroke menjadi termovitasi untuk sembuh secara cepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s