Kolesterol Tinggi Dapat Meningkatkan Stroke

Kolesterol Tinggi Dapat Meningkatkan Stroke – Gaya hidup yang anda lakukan setiap hari tentunya sangat berpengaruh pada kesehatan diri anda sendiri. Jika gaya hidup yang anda lakukan tidak baik atau tidak sehat ditambah lagi dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka akibatnya akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Salah satu masalah kesehatan yang dapat anda alami adalah munculnya kolesterol tinggi dalam kesehatan anda, hal ini karena di pengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, sehingga menyebabkan masalah pada kesehatan seperti kolesterol ini. Kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan masalah atau penyakit yang cukup berbahaya atau bahkan bisa mengancam hidup anda, kolesterol tinggi dapat menyebabkan munculnya penyakit berbahaya seperti stroke dan juga bisa juga mengakibatkan serangan jantung. Selain itu, kolesterol tinggi dapat memperburuk sirkulasi darah di dalam tubuh.

Gaya hidup yang tidak baik dan pola makan yang tidak sehat tentunya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol memang tetap dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika jumlahnya berlebihan tentunya dapat membuat organ tubuh menjadi tidak dapat berfungsi dengan optimal. Seperti halnya kolesterol jahat atau LDL yang dapat membentuk lapisan dalam dinding pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih sempit, akibatnya sel-sel dalam darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita agar dapat mencegah kadar kolesterol dalam tubuh tidak naik, sebab jika kolesterol sudah naik, maka sangat besar kemungkinan tubuh akan mengalami suatu masalah yang serius seperti penyakit stroke.

kolesterol dan stroke

Anda semua pasti sudah memahami akan penyakit stroke, seperti halnya penyakit jantung, penyakit stroke juga dapat timbul karena terganggunya aliran darah. Hal ini di karenakan stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius dan sangat membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Penyempitan pembuluh darah dapat juga diakibatkan oleh tinggi kadar kolesterol dalam tubuh yang mengalir menuju otak dan akibatnya fatal, sehingga kolesterol tinggi dapat mengakibatkan penyakit stroke secara mendadak. Untuk itu ada baiknya anda menghindari makanan yang dapat memicu darah tinggi dan juga penyempitan pembuluh darah.

Kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena stroke, studi terkini yang dipublikasikan bahwa pria dan wanita yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi cenderung rentan terhadap gejala stroke, dan seseorang yang mengalami kolesterol tinggi dalam waktu yang alam dapat memperburuk penyembuhan stroke. Semakin tinggi kadar kolesterol maka semakin tinggi juga risiko terkena stroke. Kolesterol jahat yang tinggi bisa jadi pencetus stroke. Kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan penumpukan plak-plak di pembuluh otak, dan jika plak menutup pembuluh darah, maka akan terjadi sumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang disebut aterosklerosis.

Apabila pembuluh darah tersumbat maka menyebabkan suplai oksigen dan nurtisi ke otak menjadi terganggu, dan hal inilah yang dapat menimbulkan penyakit stroke. Jika sudah terkena penyakit stroke, pastinya penderita akan mengalami cacat atau kelumpuhan, karena stroke dapat merusak saraf. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, sebab masalah kesehatan sering terjadi akibat salah kita sendiri yang memiliki gaya hidup yang tidak baik dan juga pola makan yang tidak sehat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan salah satunya adalah kadar kolesterol yang tinggi. Maka dari itu, untuk mencegah stroke terjadi adalah dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Cara yang bisa kita lakukan cukup sederhana dan mudah asalkan kita mau melakukannya dengan baik.

Salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, mulai dari banyak makan buah dan sayuran, batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak yang berlebih, berhenti merokok, hindari stres, dan lakukan olahraga secara teratur. Jika dengan pola hidup sehat tidak berhasil untuk menurunkan kadar kolesterol yang mengalami kenaikan maka ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter dan berkonsultasi langsung. Kolesterol dan stroke memang memiliki hubungan yang erat sebab stroke terjadi akibat adanya sumbatan darah di otak, sedangkan kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang membuat darah dalam tubuh menjadi tersumbat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s