Cara Alami Agar Terhindar Dari Serangan Stroke

Cara Alami Agar Terhindar Dari Serangan Stroke – Stroke dapat menyerang siapa saja yang memiliki riwayat penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Stroke sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat. Serangan stroke ini tidak diketahui kapan datangnya, kadang tiba-tiba dan juga perlahan. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kronis ini selain terapi yang memakan waktu yang begitu lama dan juga membutuhkan kesabaran agar bisa pulih kembali. Stroke termasuk salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan kematian paling banyak di indonesia.

Kematian tersebut bisa disebabkan oleh penderita stroke akut yang mengalami komplikasi. Memang orang yang telah lama menderita stroke bisa mengalami berbagai macam masalah komplikasi di dalam hidupnya, misalnya saja dibarengi dengan penyakit jantung dan kelainan dibatang otak yang bisa menghentikan pernafasan mereka. Maka dengan kata lain stroke merupakan penyakit yang dapat membuat seseorang mengalami kematian, dan untuk itu kita harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan. Banyak orang mengetahui bahwas stroke hanya akan menyerang orang yang berusia lanjut saja, akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab stroke ini juga dapat menyerang seseorang yang masih berusia muda. Hal ini dikarenakan stroke juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

terhindari dari stroke

Gaya hidup yang tidak sehat sering sekali dilakukan oleh seseorang yang hidup dijaman modern seperti sekarang ini, banyaknya teknologi canggih dan kebiasaan buruk lainnya dapat membuat seseorang menjadi memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Penderita stroke dari tahun ke tahun terus saja meningkat sehingga kita membutuhkan rasa peduli akan kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penyakit yang satu ini. Stroke tidak boleh disepelekan sebab stroke bisa menyebabkan kualitas hidup penderitanya menjadi menurun. Stroke ini dapat membuat penderitanya mengalami kecacatan dan juga jika tidak segera di obati agar mengalami kematian.

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati, hal itu dikarenakan dengan mencegah kita bisa menghindari berbagai macam dampak buruk akibat penyakit stroke misalnya saja adalah kelumpuhan dan lain sebagainya. Agar terhindar dari risiko stroke, baiknya Anda mengetahui cara mencegah penyakit ini. Lebih baik mencegah lebih dini daripada Anda terserang stroke. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit stroke ini dengan alami dan aman, seperti :

– Mengatur pola makan yang sehat

Cara mudah untuk terhindar dari serangan stroke adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat sejak dini. Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, ikan, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, serta hindari makanan yang terlalu manis, berlemak secara berlebihan, daging olah, atau lainnya.

– Menjaga berat badan tetap ideal

Saat ini banyak orang merasa bahwa memiliki badan yang berlebih menandakan bahwa dirinya sehat dan bahagia, namun hal ini justru memiliki resiko yang berbahaya bagi kesehatan. Memiliki berat badan yang tetap ideal merupakan salah satu cara untuk menghindari serangan penyakit stroke. Cara untuk menjaga berat badan tetap ideal adala dengan berdiet dan menjaga pola makan, serta gaya hidup yang sehat. Bila Anda sedang diet cobalah diet mediterania, karena diet ini merupakan diet yang ampuh dan sehat.

– Kurangi beban pikiran yang berdampak pada stress

Di jaman modern seperti sekarang banyak orang dituntut untuk bekerja lebih cepat, hal ini akan membuat beban pikiran seseorang menjadi mudah kacau dan bahkan stress. Maka untuk itu kita harus bisa membuat pikiran tetap stabil dan tidak mengalami stres, karena stres dapat meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. Agar terhindar dari stres, cobalah lakukan kegiatan seperti baca buku, berwisata olahraga, mendengarkan musik dan berkumpul bersama orang terdekat Anda.

– Olahraga

Cara yang satu ini mungkin bukan hal yang aneh lagi bagi semua orang, sebab dengan berolahraga maka tubuh kita akan lebih sehat dan mengurangi resiko terkena penyakit. Maka tidak ada yang meragukan manfaat dari berolahraga bagi kesehatan tubuh. Cukup berolahraga ringan selama 40 menit atau lebih setiap hari ditambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu akan membuat Anda terhindar dari serangan stroke.

– Hindari minuman beralkohol

Saat ini gaya hidup memang berpengaruh pada kesehatan seseorang, maka untuk itu kita harus memperhatikan kesehatan dengan benar. Salah satu gaya hidup yang tidak baik kesehatan adalah minuman alkohol, tidak sedikit orang saat ini banyak terjerumus ke dalam dunia yang suram atau lebih dikenal dengan gaya hidup yang tidak sehat. Minum minuman beralkohol merupakan salah satu gaya hidup yang tidak sehat, karena Minum minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko stroke. Karena itu agar terhindar dari serangan stroke segera hentikan kebiasaan minum alkohol.

Baca Juga : Obat Stroke

Itulah beberapa cara alami agar terhindari dari serangan stroke. Lakukanlah cara diatas mulai dari sekarang, hal ini bertujuan untuk membuat anda terhindar dari stroke, karena jika kita sudah membiasakan diri dengan gaya hidup yang tidak baik maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan menghindari serangan stroke hidup kita jauh lebih menyenangkan dan bahkan kita bisa menikmati hidup dengan indah tanpa mengalami masalah seperti kecacatan atau kelumpuhan pada bagian tubuh yang diakibatkan oleh stroke. Mulailah hidup sehat dari sekarang agar kita terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat mengancam kesehatan dan bahkan mengancam nyawa kita, karena sehat itu mahal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s