Terapi Untuk Pemulihan Pasca Stroke

Terapi Untuk Pemulihan Pasca Stroke – Stroke merupakan keadaan medis yang darurat. Serangan stroke memang cepat dan terjadi secara tiba-tiba. Perhatian medis yang mendesak diperlukan untuk mencegah kerusakan yang lebih besar. Namun, proses pemulihan biasanya cenderung lambat dan sulit. Stroke sendiri adalah penyakit aktif dan berkelanjutan. Cedera otak yang terjadi tiba-tiba dan menurunkan kemampuan neurologis memang sangat mengejutkan. Stroke merupakan kejadian singkat dan akan berkembang dramatus selama beberapa jam pertama. Dalam beberapa hari pertama, cedera dan cacat akibat stroke akan mencapai puncak maksimal lalu menjadi stabil dengan sendirinya. Banyak orang beranggapan bahwa jika kita terserang stroke maka sangat sulit untuk sembuh kembali. Namun, anggapan tersebut salah, ternyata seseorang yang mengalami stroke bisa sembuh akan tetapi tidak secara cepat pulih atau bahkan mengalami kecacatan terlebih dahulu. Dan potensi untuk sembuh seperti sedia kala masih tetap ada, maka jangan pernah berputus asa.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang memilimi dampak jangka panjang bagi orang yang mengalaminya. Tidak hanyak serangan mendadak saja yang ditakutkan, namun juga akibat yang muncul setelahnya. Kondisi kelumpuhan pada anggota tubuh tertentu akan sangat menganggu dan bahkan menghambat aktivitas hidup seseorang. Maka, untuk itu pemulihan pascara stroke menjadi sangat penting karena dengan langkah rehabilitasi yang tepat akan berdampak baik bagi penderita stroke. Dengan melakukan pemulihan pascara stroke maka kita akan memperoleh hal positif bagi kehidupan kita, stroke dapat sembuh walaupun memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dengan begitu kita masih memiliki harapan hidup yang jauh lebih baik. Untuk melakukan beberapa pemulihan stroke, kita dapat melakukan terapi.

terapi stroke

Berikut ini ada beberapa terapi yang bisa kita lakukan dan manfaat terapi tersebut untuk memulihkan kembali tubuh setelah stroke, yaitu :

– Terapi fisik

Latihan fisik secara bertahap bisa dimulai ketika penderita pasca stroke masih terbaring di tempat tidur namun kondisinya sudah dinyatakan stabil oleh dokter. Diawali dengan gerakan berbaring miring dengan dibantu orang lain (keluarga, perawat, ahli fisioterapi) dalam posisi lurus kemudian menekuk. Jika sudah memungkinkan, latih penderita untuk duduk secara mandiri, tentunya dengan dibantu terlebih dahulu kemudian lama kelamaan bisa dilepas. Di sela-sela waktu istirahat, bisa dilakukan latihan pada jari-jari tangan seperti berlatih menekuk jari, menjepit, dan memegang. Semakin sering dilatih maka hasilnya akan makin optimal. Diusahakan untuk memaksimalkan peran aktif dari penderita, sedangkan keluarga, perawat dan ahli fisioterapis hanya berperan membantu dan memberikan dukungan saja.

Latihan fisik yang akan diterapkan oleh seorang penderita stroke haruslah mengikuti beberapa aturan dasar supaya hasilnya optimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan latihan fisik sebagai berikut :

– Menitikberatkan pada latihan kekuatan, koordinasi, keseimbangan, dan kestabilan.
– Memulai latihan dengan pemanasan terlebih dahulu supaya otot dan sendi tidak kaku.
– Tidak memaksakan kemampuan diri.
– Memakai alat bantu dan secara perlahan berlatih untuk melepas alat bantu tersebut.

Terapi ini sangatlah membantu bagi penderita stroke, karena dengan melakukan terapi fisik tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh seperti :

– Membantu meningkatkan penggunaan ekstremitas (anggota gerak) tubuh.
– Memperkuat otot yang lemah pasca stroke.
– Mendapatkan kembali fungsi tubuh yang lumpuh.
– Mampu mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.
– Meningkatkan daya tahan tubuh.
– Mencegah depresi.

– Terapi Wicara

Terapi wicara biasanya melibatkan ahli atau terapis wicara. Namun demikian, dukungan keluarga tetap memegang peranan penting. Misalnya dengan tetap melakukan komunikasi (berbicara) meski penderita belum mampu meresponnya. Ajarkan kepada seluruh penghuni rumah untuk menghargai penderita dan menginformasikan apapun yang dikerjakan, misalnya meminta izin ketika akan mengganti seprei, memakaikan baju, dan sebagainya.

– Terapi Psikologis

Terapi psikologis bisa melibatkan stres karena memikirkan kondisi kesehatannya. Dibutuhkan suasana yang hangat dan kekeluargaan supaya mereka bahagia dan merasa diperhatikan. Hendaknya kita mendekat ketika berbicara pada mereka, dan bukan dengan berteriak atau bersuara keras. Jangan sesekali membentak mereka, karena hal tersebut akan sangat melukai hatinya.

– Terapi Spiritual

Kebutuhan spiritual seseorang yang mengalami stroke sangat penting untuk kita perhatikan. Ingatkan mereka untuk mengerjakan sholat meski tidak dalam posisi normal (jika tidak mampu berdiri) dan ajak mereka untuk mengikuti pengajian apabila kondisinya memungkinkan. Jika kita hendak mengingatkan atau menyampaikan nasehat, maka hendaknya dengan cara yang sopan dan halus. Jangan sampai penderita berputus asa dengan kondisi kesehatannya. Pompakan semangat dan ingatkan agar selalu bersabar supaya mendapatkan pahala dari Allah. Sampaikan bahwa kondisi sakitnya bisa menghapuskan dosa-dosanya selama ia menerima takdir dengan sabar.

Baca Juga : Obat Stroke

Dalam merawat orang yang mengalami stroke, kita perlu tahu bahwa kondisi mereka sudah tidak sesehat dan sekuat seperti sebelum sakit. Oleh karena itu, kita perlu belajar dan banyak bertanya pada ahlinya supaya dapat melakukan perawatan dengan benar. Selain perawatan secara fisik, kita tidak boleh melupakan perlunya perlakuan dan sikap yang baik pada mereka. Untuk itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat mereka. Selain itu terapkan juga gaya hidup yang baik serta pola makan yang sehat agar penyembuhan bisa lebih cepat. Sebab stroke sangat berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s