Khasiat Mengkonsumsi Rebung Untuk Penderita Stroke

Khasiat Mengkonsumsi Rebung Untuk Penderita Stroke – Di lingkungan sekitar kita banyak sekali jenis tanaman atau tumbuhan yang sangat bermanfaat dan memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan tubuh dan sebagai salah satu alternatif pengobatan berbagai penyakit baik itu ringan maupun berat. Salah satunya yaitu rebung, rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk indonesia maupun asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan yang sangat lezat. Rebung muda sangat kaya akan serat makanan dan kalium yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat rebung untuk bahan masakan sebenarnya telah dilakukan sejak zaman dulu. Panen rebung biasanya dilakukan sepanjang tahun. Panen rayanya sendiri terjadi ketika musim hujan antara bulan desember sampai februari. rebung akan dipanen ketika ketinggiannya sudah mencapai 20cm dari atas tanah dan diameternya sekitar 7cm.

Rebung adalah kecambah yang sering tumbuh disamping tanaman bambu atau lebih tepatnya tanaman bambu yang masih kecil atau dalam bahasa sundanya iwung, rebung ini adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan salah satunya adalah menyehatkan orang yang menderita penyakit stroke. Semua orang pasti sudah mengenal dan mengetahui tentang penyakit stroke, karena penyakit stroke ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan sangat mengkhawatirkan, sebab penyakit stroke dapat membuat penderitanya mengalami kelumpuhan. Stroke sendiri adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat.

rebung

Tanaman rebung ini sangat baik bagi penderita stroke, karena tanaman rebung memiliki kandungan kalium yang tinggi. Tingkat kalium per 100 gram rebung adalah 533 mg. Kalium makanan serat, yaitu minimal 400 mg, dengan kandungan tersebut maka rebung dapat mengurangi risiko stroke. Peran kalium mirip dengan natrium, yang bersama-sama dengan klorida, membantu menjaga tekanan osmotik dan keseimbangan asam basa. Kalium menjaga tekanan osmotik dalam cairan intraseluler, dan sebagian terikat protein. Kalium juga membantu untuk mengaktifkan reaksi enzim, seperti piruvat kinase yang dapat menghasilkan asam piruvat dalam gejala metabolisme karbohidrat kekurangan kalium biasanya pelunakan otot.

Selain itu, rebung juga merupakan sumber yang kaya akan mineral seperti kalsium, mangan, seng, kromium, tembaga, besi, ditambah jumlah yang lebih rendah dari fosfor, dan selenium. Serta vitamin seperti tiamin, niasin, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E. Dan juga asam amino (17 total, 8 di antaranya adalah asam amino esensial). Beberapa kandungan yang terdapat didalam rebung (bambu muda) ini dipercaya dapat menangkal stroke. Maka, rebung ini sangat baik untuk penderita stroke karena memang rebung memiliki banyak sekali vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan otak dan untuk menyehatkan otak, dengan begitu makan tanaman rebung ini sangat cocok untuk di konsumsi oleh penderita penyakit stroke.

Sebagian besar orang mungkin tidak mengatahui khasiat mengkonsumsi rebung ini yang ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena tanaman rebung ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan khususnya untuk stroke, maka tidak heran banyak masyarakat menjadikan tanaman rebung ini sebagai pencegahan dan juga pengobatan penyakit stroke secara alami. Harus anda ketahui bahwa penyakit stroke adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena penyakit stroke ini apabila sampai dibiarkan terlalu lama tanpa mendapatkan pengobatan bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan dan bahkan dampak paling buruk dari penyakit stroke untuk tubuh adalah akan mengalami kelumpuhan.

Baca Juga : Obat Stroke

Untuk itu, anda tidak usah khawatir lagi sebagai salah cara pencegahan stroke, anda bisa mengkonsumsi rebung dengan rutin dan teratur. Dan selain mengkonsumsi rebung anda juga harus menyeimbangkannya dengan menjalankan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan juga rutin periksakan kondisi anda kedokter. Dengan begitu anda dapat mencegah dan mengatasi penyakit stroke secara alami dan aman..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s