Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke

Makanan Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Stroke – Penyakit stroke merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mengkhawatirkan bagi penderitanya. Stroke terjadi akibat adanya pembuluh darah di otak yang dapat ditandai dengan reaksi pada bagian jaringan otak yang dapat diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah, mengalami penyempitan pada syaraf bahkan mengalami penyumbatan darah yang ada di dalam otak. Maka penting sekali untuk mengetahui apa saja penyebab stroke karena bisa saja stroke juga dapat menyerang orang yang tidak memiliki riwayat stroke dari keluarganya atau juga orang yang sehat. Sebab setiap penyakit bisa menyerang tubuh kita ketika tubuh mengalami suatu masalah yang disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan dan juga tidak mengatur pola makan dengan baik. Bahkan saat ini banyak orang yang malas untuk berolahraga atau sulit bergerak, serta mereka juga sering kali mengkonsumsi makanan yang instan seperti makanan cepat saji, yang bahkan mereka sendiri tidak mengetahui efek atau bahaya terlalu sering makan makanan instan.

Sekarang ini banyak penderita stroke yang semakin meningkat, bahkan stroke yang biasanya dapat menyerang orang yang berusia lanjut kini juga bisa menyerang orang yang berusia muda. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan baik. Stroke ini merupakan penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang karena bisa mengalami kelumpuhan diseluruh tubuh bahkan bisa membawa kematian jika tidak segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Penderita stroke akan mudah sekali mengalami penggumpalan darah maka kondisi ini jangan dianggap sepele karena bisa menyebabkan aliran darah menjadi terhenti dan terhambat. Apabila seseorang penderita stroke sampai mengalami pecah pembuluh darah maka kematian bisa mengancamnya.

makanan picu stroke

Ada beberapa faktor pemicu yang dapat mengakibatkan penyakit stroke terjadi antara lain :

– Faktor usia.
– Jenis kelamin.
– Faktor Genetik.
– Faktor ras.
– Adanya kondisi tertentu seperti : hipertensi, sakit jantung dan diabetes.
– Akibat kelebihan berat badan atau obesitas.

Dan biasanya penderita stroke akan mengalami gejala seperti :

– Sering merasa pusing dan kebingungan.
– Pandangan menjadi kabur.
– Mengalami kehilangan keseimbangan.
– Sering merasa lemah.
– Akan merasakan mati rasa pada sisi tubuh.
– Sering mengalami kesemutan.
– Mengalami kelumpuhan bahkan kesulitan untuk berbicara.
– Kehilangan kesadaran.
– Kesulitan untuk menelan.

Itulah beberapa faktor penyebab dan gejala yang biasanya sering dirasakan oleh penderita penyakit stroke. Maka untuk itu kita harus tetap berhati-hati dalam menjaga kesehatan kita, sebab penyakit stroke juga dapat terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan kita yang tidak baik. Ada beberapa pola makanan atau makanan yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke. Penting bagi kita untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat memicu stroke, karena bisa saja selama ini kita sering mengkonsumsinya, berikut ini makanan yang dapat menyebabkan stroke, antara lain :

– Daging merah atau daging sapi

Terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah karena terdapat lemak yang cukup berlebihan di dalam daging sapi tersebut. Apabila aliran darah menjadi tidak lancar akibatnya yaitu aliran darah ke otakpun menjadi tidak lancar sehingga bisa menyebabkan penyakit stroke. Maka untuk itu, jangan terlalu sering mengkonsumsi daging sapi.

– Makanan yang berkaleng

Dengan semakin majunya zaman, saat ini banyak sekali makanan yang dapat kita dapatkan secara mudah dan praktis. Di indonesia sendiri saat ini banyak pengolahan makanan yang sangat praktis seperti makanan yang dibungkus atau dalam wadah kaleng, sehingga banyak orang lebih memilih makanan yang berkaleng sebab sangat praktis dan mudah karena sebagian besar orang saat ini hanya ingin mendapatkan sesuatu yang praktis atau tidak mau repot. Akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkaleng sangat tidak baik untk kesehatan, ini dikarenakan makanan yang berkaleng mengandung zat pengawet yang tinggi yang bisa menyebabkan penyakit seperti stroke.

– Junk Food

Pastinya sebagian besar orang sangat menyukai jenis makanan yang satu ini, namun sayangnya makanan ini justru tidak baik dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh sebab makanan ini mengandung lemak trans yang cukup tinggi, tinggi akan garam dan juga mengandung kolesterol serta bisa menyebabkan seseorang mengalami atau terkena penyakit stroke.

– Makan dengan garam berlebih

Seseorang yang terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam secara berlebihan akan mudah mengalami penyakit stroke, hal ini disebabkan karena mengkonsumsi garam sekali berlebihan dapat membuat kerusakan pada pembuluh darah.

– Kudapan

Beragam kudapan, seperti muffin, donat, keripik, kerupuk dan camilan lain biasanya menjadi makanan yang wajib dikonsumsi saat menemani aktivitas anda. Padahal semua jenis kudapan itu mengandung lemak trans tinggi yang dapat meningkatkan risiko stroke. Lemak trans memiliki beberapa sifat jahat, seperti menyumbat saluran pembuluh darah dan meningkatkan konsentrasi lipid (lemak) pada tubuh. Lemak jenis ini juga dapat meningkatkan Kolesterol jahat dalam darah serta menurunkan Kolesterol baik.

Baca Juga : Obat Stroke

Beberapa makanan yang masuk ke dalam tubuh yang menyebabkan stroke seperti yang dijelaskan diatas harus dapat kita hindari dan mencegahnya terlalu sering masuk ke dalam tubuh, karena jika terus menerus mengkonsumsi makanan tersebut dapat membuat kesehatan kita menjadi terganggu. Inti dari penjelasan diatas adalah jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak, karena kebiasaan makan makanan yang berlemak mudah mengalami penyakit stroke. Akan ada penumpukan lemak di dalam tubuh, yang mana hal ini bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Kolesterol sendiri dapat memicu penyakit stroke. Jika kolesterol di dalam tubuh kita cukup tinggi maka lama-kelamaan terjadi pembentukan plak di dalam pembuluh darah kita sehingga terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan ini dapat menyebabkan aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar, apabila tidak bisa lagi diedarkan ke otak maka akibatnya anda akan terkena stroke.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s