Dampak Dan Efek Yang Terjadi Pasca Sembuh Dari Stroke

Dampak Dan Efek Yang Terjadi Pasca Sembuh Dari Stroke – Stroke dapat berdampak pada kehidupan dan kesejahteraan anda dalam berbagai aspek. Proses rehabilitasinya spesifik dan tergantung kepada gejala yang anda alami dan seberapa parah gejala tersebut. Pasca stroke, setelah kondisi darurat telah berlalu dan penderita sudah stabil, masih terdapat beberapa dampak yang mungkin muncul. Gejala jangka pendak sering dibarengi dengan konsekuensi gejala jangka panjang. Ketika mengalami gejala stroke seperti berkurangnya daya penglihatan, tubuh lemah, hilangnya tanggapan terhadap rangsangan, atau kebingungan, setelah keluar dari rumah sakit penderita masih mungkin mengalami cacat jangka panjang dengan gejala yang serupa. Kerusakan akibat stroke bisa meluas dan berlangsung lama. Sebelum pulih seperti sedia kala, penderita harus melakukan rehabilitasi dalam periode panjang. Namun sebagian besar dari mereka tidak akan pernah pulih sepenuhnya.

Ada beberapa dampak fisik yang terjadi akibat serangan stroke diantaranya adalah kelumpuhan pada salah satu bagian sisi tubuh dan terganggunya koordinasi serta keseimbangan tubuh. Beberapa orang juga akan mengalami kelelahan ekstrim di beberapa minggu pertama setelah stroke. Kelumpuhan pada bagian tubuh sebaiknya diperiksa oleh ahli fisioterapi yang nantinya akan menyusun rencana pengobatan. Fisioterapi biasanya akan dimulai setelah kondisi kesehatan penderita stroke sudah stabil. Setelah itu penderit akan menjalani sesi singkat yang berlangsung beberapa menit. Durasi sesi akan meningkatkan seiring pulihnya kendali dan kekuatan otot penderita stroke.

dampak stroke

Setelah orang terkena stroke, mereka bisa mengalami dampak psikologis berupa depresi atau gangguan kecemasan. Merasa marah, cemas, bingung, depresi dan frustasi merupakan hal yang wajar pasca stroke. Dalam hal ini biasa psikolog dapat memberikan nasihat dan motivasi agar stroke tidak terlalu berdampak pada kehidupan penderita, seperti kehidupan keluarga atau kehidupan seksualnya. Salah satu terpai psikologis setelah stroke adalah terapi tingkah laku kognitif. Terapi ini bertujuan membantu penderita berpikir positif. Elain terapi dari psikolog, dukungan dari keluarga dan orang terdekat juga sangat penting untuk mengembalikan jiwa si penderita stroke seperti sedia kala. Ada beberapa dampak yang dapat terjadi pada penderita pasca sembuh dari stroke, antara lain :

– Masalah pada kemampuan berkomunikasi

Masalah dalam berbicara, memahami, membaca, dan menulis banyak dialami orang-orang setelah terserang penyakit stroke. Hal ini disebut sebagai afasia atau disfasia. Afasia terjadi akibat rusaknya bagian otak yang mengatur kemampuan bicara atau rusaknya otot-otot yang mendukung kemampuan tersebut. Untuk memulihkan kemampuan komunikasi, penderita stroke akan ditangani oleh ahli terapi terkait.

– Masalah pada daya penglihatan

Kadang-kadang beberapa orang setelah terserang stroke akan mengalami gangguan pada penglihatannya, seperti buta pada salah satu mata. Hal ini disebabkan oleh rusaknya bagian otak yang menerima, dan menerjemahkan informasi yang dikirim oleh mata.

– Kehidupan seks pascastroke

Meski beberapa bagian tubuh orang yang pernah terserang stroke mengalami kelumpuhan, namun mereka masih bisa menikmati saat-saat intim bersama pasangan mereka. Mereka dapat mencoba sejumlah posisi yang sesuai dengan keadaan mereka. Berhubungan intim tidak membuat penderita lebih berisiko terkena stroke lagi jadi penderita tidak dilarang untuk berhubungan intim.

– Suasana hati yang berubah-ubah (perubahan perilaku)

Kepribadian orang yang pernah terserang stroke kerap mengalami perubahan dan kadang-kadang perilakunya bisa tidak rasional. Contohnya mereka bisa menjadi pemarah dan pembenci. Hal tersebut disebabkan oleh dampak psikologis dan kognitif. Meski menjengkelkan, cobalah untuk tidak diambil hati. Ingat bahwa kepribadian asli mereka akan kembali setelah rehabilitasi mereka mengalami kemajuan.

Baca Juga : Obat Stroke

Dampak yang terjadi pada penderita pasca mengalami stroke memang sangat merepotkan dan mengkhawatirkan, namun salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk orang yang terkena stroke adalah dengan memberikan semangat dan motivasi karena dukungan dari orang terdekat merupakan obat paling baik bagi penderita stroke. Sehingga penderita bisa menjalani hidupnya dengan normal walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Berusahalah untuk menyemangati dan memuji sekecil apa pun kemajuan karena dengan begitu, penderita akan terus termotivasi untuk mencapai target jangka panjang mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s