Tidur Lebih Dari 8 Jam Semalam Bisa Memicu Stroke

Tidur Lebih Dari 8 Jam Semalam Bisa Memicu Stroke – Tidur merupakan kebutuhan yang wajib bagi semua orang, karena dengan tidur kita dapat mengistirahatkan tubuh yang bekerja seharian dan menghilangkan rasa capek, sehingga esok hari kita dapat mendapatkan tenaga untuk bekerja lagi. Tidur merupakan cara seseorang untuk menghilangkan segala rasa lelah saat beraktivitas setiap harinya. Karena jika seseorang kekurangan tidur maka dapat memicu berbagai risiko kesehatan. Kurang tidur dapat mengakibatkan kesehatan jadi bermasalah dan juga membuat tubuh menjadi mudah lelah dan lesu saat bekerja. Oleh karena itu sering kita lihat di kantor ataupun di sekolah, banyak orang yang tidur di meja kerja, di kelas, ataupun di manapun, hal ini dikarena mereka sangat mengantuk dan membutuhkan tidur yang cukup untuk melakukan aktivitas. Apalagi jika kita seorang pelajar, tentunya jika kita kekurangan tidur akan berdampak pada prestasi kita disekolah.

Maka untuk itu cukupilah tidur kita dengan baik karena dengan tidur yang cukup dapat membantu kita dalam belajar serta bekerja seharian. Namun, selain kurang tidur, tidur berlebihan juga ternyata jauh lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh. 8 jam merupakan jangka waktu paling ideal bagi seseorang untuk tidur. Beristirahat kurang atau lebih dari delapan jam ternyata dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. Ada beberapa penelitian mengatakan bahwa orang yang tidur selama tujuh hingga delapan jam dapat terhindar dari masalah penyakit sedangkan orang yang tidur lebih dari 8 jam berisiko meningkatkan penyakit stroke. Penyakit stroke sendiri merupakan masalah kesehatan yang sangat berbahaya dan pasti semua orang juga mengetahui bahwa penyakit stroke dapat melumpuhkan bagian tubuh seseorang.

tidur

Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena adannya pendarahan pada otak. Hal ini menyebabkan penyumbatan aliran darah ke otak. Penyakit ini merupakan penyakit mematikan ketiga setelah kanker dan penyakit jantung. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius dan sangat membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Orang dewasa yang tidur lebih dari 8 jam semalam 46% mungkin untuk menderita stroke daripada mereka yang tidur hanya 6-8 jam, bahkan risiko akan 4x lebih besar ketika anda tidur kurang dari 6 jam semalam. Hal ini telah dibuktikan dari sebuah penelitan di University of Cambridge. Para peneliti menganalisis pola tidur dari hampir 10.000 orang berusia 42 hingga 81 tahun di Inggris dan mereka menyimpulkan bahwa dalam kurun waktu hampir 10 tahun, sebanyak 346 orang dilaporkan mengalami stroke.

Tidur lebih dari 8 jam bisa jadi tanda ada sesuatu yang salah dengan kesehatan anda. perubahan arus aliran darah dalam otak dapat menjelaskan pergeseran kebiasaan tidur anda dan peningkatan risiko stroke. Namun, faktor tidur lebih dari 8 jam ini berbeda-beda, tidur selama lebih dari 8 jam tidak selalu berisiko stroke meningkat terutama untuk orang-orang muda yang sehat. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir, akan tetapi anda dianjurkan untuk tetap mengontrol kesehatan anda jika kebiasaan tidur lebih dari 8 jam semalam ini sering dilakukan. Selain stroke, tidur lama juga berhubungan dengan tekanan darah dan kolesterol terutama untuk orang dewasa yang lebih tua. Maka untuk itu cukupi lah tidur anda dengan baik jangan sampai anda kekurangan tidur dan kelebihan tidur. Tidur 6-7 jam semalam sudah cukup untuk mengurangi risiko penyakit stroke, dan jika kekurang tidur malah akan berdampak pada masalah lain seperti anemia.

Selain kebiasaan saat tidur, peneliti juga mendapati orang yang berolahraga tiga hingga enam kali dalam sepekan dapat terhindar dari bahaya stroke. Maka, rutinlah untuk berolahraga agar kesehatan anda tetap stabil dan terhindar dari masalah kesehatan yang serius seperti penyakit stroke. Hal yang terpenting untuk menjaga kesehatan adalah gaya hidup anda, jangan membiasakan diri anda untuk bergaya hidup yang tidak baik, karena jika masalah sudah menyerang tubuh anda maka agar berdampak buruk bagi kesehatan anda hingga tua nanti. Rawatlah kesehatan anda dengan baik, terapkan gaya hidup sehat sejak dini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s