Mengenal Ciri Dan Gejala Penyakit Stroke Sejak Dini

Mengenal Ciri Dan Gejala Penyakit Stroke Sejak Dini – Stroke merupakan suatu masalah pada kesehatan yang tergolong berbahaya dan menakutkan bagi penderitanya, stroke ini terjadi karena adanya ketidaklancarakan pasokan darah ke bagian otak yang mengakibatkan otak tiba-tiba menjadi terganggu. Kurangnya aliran darah yang menuju ke otak dapat mengakibatkan suatu reaksi biokimia yang dapat mematikan sel-sel saraf otak. Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya fungsi yang biasanya dikendalikan oleh jaringan itu sendiri. Kita pasti sudah mengetahu bahwa penyakit stroke ini merupakan penyakit kronis dan serius yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya bagi tubuh penderita.

Penyakit stroke ini sering diartikan sebagai gejala gangguan saraf akibat pembuluh darah yang tersumbat atau pecah. Secara sederhana bila aliran darah ke otak mengalami hambatan maka akan membuat terjadinya penyumbatan yang berpengaruh pada sistem kerja otak yang menjadi kurang berfungsi dengan baik. Secara medis gejala stroke terbagi menjadi dua bagian yakni iskemik dan hemoragik. Pengeritan stroke iskemik adalah serangan yang menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sedangkan untuk stroke hemoragik adalah bila gejala stroke telah menimbulkan pecahnya pembuluh darah di otak hingga akhirnya mengalami pendarahan di otak. Kondisi pecahnya pembuluh darah bisa terlihat dengan diagnosa CT scan yang akan memastikan kondisi stroke secara akurat dan tepat.

gejala stroke

Maka dari itu penting bagi anda atau anggota keluarga anda untuk memahami dan mengetahui tentang gejala stroke ini dan resiko yang timbul akibat stroke. Mengenali ciri dan gejala stroke sejak dini memang perlu dilakukan untuk mengantisipasi resiko kemunculan serangan stroke yang berbahaya. Mengenali tanda-tanda stroke juga diperlukan untuk bisa memilih obat stroke yang tepat dan aman sesuai dengan kondisi stroke yang dialami karena dampak serangan stroke ada yag berupa gejala stroke ringan namun ada juga yang parah sehingga penderita mengalami kelumpuhan total. Apabila seseorang yang terserang stroek dapat terselamatkan, terkadang penderita tersebut dapat mengalami kelumpuhan, hilangnya kemampuan untuk berbicara, atau hilangnya sebagain ingatan (memori pada otak). Penyakit stroke ini dapat terjadi karena adanya cabang pembuluh darah yang terhambat oleh emboli, emboli sendiri dapat berupa udara atau kolesterol. Untuk itu, ada beberapa gejala yang bisa menjadi gejala awal adanya penyakit stroke pada diri anda, antara lain :

– Pandangan menjadi kabur

Stroke ini dapat membuat pandangan mata penderita menjadi kabur atau bahkan hilang. Gejala ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang yang menderita penyakit stroke serta tidak menganggap hal tersebut sebagai indikasi bahwa dirinya mengalami stroke.

– Bahasa yang diucapkan sulit dimengerti

Gejala yang satu ini biasa disebut sebagai gangguan bahasa atau afasia disorder. Penderita stroke seringkali menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh pendengarnya atau menggunakan bahasa yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.

– Sakit Kepala

Gejala yang berikutnya mungkin bukanlah suatu masalah yang asing bagi kesehatan, karena sakit kepala sering terjadi pada kesehatan kita. Namun, sakit kepala juga bisa mengakibatkan timbulnya stroke ringan. Sakit kepala yang secara tiba-tiba menyerang dan sangat menyakitkan. Untuk itu, jangan anggap sakit kepala tersebut hanyalah sakit kepala biasa, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala awal stroke.

– Hilang keseimbangan

Ketika kita merasa pusing, mual, serta sulit berjalan, kebanyakan orang mungkin berpikir sedang dalam keadaan mabuk, namun pusing yang terjadi secara tiba-tiba itu sebenarnya adalah salah satu indikasi gejala stroke ringan.

Itulah beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penderita stroke, selain gejala diatas gejala lainnya seperti gangguan berhitung, gangguan menulis, gangguan membaca, kehilangan indera perasa, gangguan mengenal nama orang lain atau barang, dam gangguan pada memori otak juga merupakan gejala yang dapat dialami oleh penderita penyakit stroke. Gejala Stroke juga bisa mengakibatkan kelumpuhan total yang dialami penderitanya hingga membuat stress dan penanganan yang berlarut larut. Banyak juga kasus kematian yang dipicu dari serangan stroke yang tiba-tiba dan tentu sangat mengerikan. Inilah pentingnya pemahaman dan pengetahuan tentang penyakit stroke sejak dini. Gejala-gejala yang telah dijelaskan diatas bisa menjadi salah satu opsi untuk anda agar mengetahui gejala awal penyakit stroke.

Penyakit stroke baik dialami oleh orang tua maupun di usia muda di sebabkan oleh faktor yang hampir sama yaitu tidak menjaga kesehatan tubuh dengan baik, dampak dari pola hidup yang di jalani di usia muda yang kurang baik bisa merugikan di usia tua karena akan menimbulkan penyakit, atau tidak menunggu usia tua namun di usia yang masih muda penyakit tersebut bisa langsung di rasakan. Oleh karena itu berhati hati dalam memilih dan menjalani gaya hidup agar tidak merugikan diri sendiri. Penyakit stroke ringan akan menyebabkan penderitanya merugi karena memiliki syaraf yang rusak. Jika sudah muncul gejala stroke yang merupakan tanda dari tubuh, maka sebaiknya segara mengatasinya agar tidak akan memberikan dampak yang semakin buruk atau semakin merusak syaraf.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s