Sering Mengalami Stres Dapat Memicu Penyakit Stroke

Terlalu Sering Stres Dapat Memicu Penyakit Stroke – Saat ini banyak sekali seseorang mengalami suatu masalah dalam kehidupan sehingga membuat beban pikiran. Hal ini dikarena sebagian orang sering mendapatkan pekerjaan yang menumpuk dan penuh tekanan sehingga sangat mudah membuat stress. Stress merupakan masalah yang umum terjadi pada setiap orang, stress juga dapat muncul dimana saja dan kapan saja serta dapat menyerang siapa saja. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, baik itu pekerjaan, sekolah, atau hal lainnya dapat menimbulkan stress. Yang menjadi kekhawatiran dari seseorang yang mengalami stres adalah kesehatannya dapat terganggu, sebab ada beberapa pernyataan yang mengatakan bahwa segala penyakit atau gangguan kesehatan berawal dari beban pikiran yang berlebihan atau stres. Mungkin hal ini dapat kita bilang masuk akal, karena dengan pikiran yang terlalu berat atau pikiran kita kacau maka bisa memicu suatu penyakit.

Hal yang membuat stres ini dapat membuat masalah pada kesehatan karena terlalu banyak memikirkan hal yang tidak penting apalagi yang dapat menimbulkan stress dapat memicu detak jantung lebih keras bekerja. Jika jantung lebih banyak bekerja maka akan berakibat pada kesehatan organ tubuh lainnya. Jika tekanan darah pada jantung dibiarkan terus menerus bekerja dengan keras maka akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, dalam beberapa kondisi tersebut sudah serius maka dapat menyebabkan penyakit stroke. Penyakit stroke sendiri merupakan kondisi dimana pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan yang cepat.

stress

Sedangkan stres sendiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh, khususnya pada bagian otak. Tidak akan memberatkan kinerja jantung, stress juga dapat memicu hal lainnya seperti penurunan daya ingat. Stres akan mempengaruhi kinerja syaraf ptak sehingga lambat dalam memberikan respon dan menyebabkan penuruanan daya ingat dalam jangka pendek, dalam beberapa kasus stres dapat menyebabkan penyakit alzheimer, hal ini apabila stres dibiarkan saja dalam jangka panjang dan tidak dikelola dengan baik. Stres juga bisa menyebabkan terjadinya syaraf kejepit ini karena disebabkan menyempitnya dan menyusut yang mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar. Stres ini dapat membuat seseorang memiliki resiko terkena stroke 4x lebih besar dibandingkan dengan orang yang hidup dengan pikiran yang tenang atau tidak memiliki stress. Maka untuk itu, cobalah menenangkan pikiran anda dan jangan membuat beban pikiran yang terlalu berat karena ini dapat membuat kesehatan anda menjadi terganggu.

Stres karena suatu pekerjaan memang hal yang wajar, namun jika kondisi tersebut terus menerus terjadi dapat membuat kondisi tubuh menjadi tidak stabil. Stroke merupakan penyakit yang mungkin dapat anda alami saat stres. Stres sendiri dapat terjadi karena gaya hidup kita yang tidak sehat atau tidak baik, di era modern seperti sekarang memang banyak orang meninggalkan gaya hidup sehat demi gaya hidup yang tidak baik, dan dampaknya membuat seseorang menjadi mudah depresi dan stress. Gaya hidup saat ini yang banyak orang lakukan adalah sering mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok dan dalam pola makan juga saat ini banyak yang tidak sehat seperti makan makanan berlemak seperti makan instan dan junk food serta kurangnya olahraga merupakan penyebab stres dan membuat seseorang bersiko terkena stroke.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Untuk itu, kita harus bisa mencegah beban pikiran kita dengan baik agar tidak sering mengalami stres. Karena jika kita sering stres ditambah usia yang masih mudah sangat tidak baik untuk kesehatan kita nanti saat memasuki usia tua. Cara yang sangat sederhana untuk mengatasi stress adalah Jika Anda memiliki masalah, cukup serahkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Penolong hamba-Nya yang sedang tertimpa masalah dan musibah. Dengan menyerahkan segalanya, hati akan tenang dan pikiran Anda juga tidak terlalu terpaku pada permasalahan yang terjadi. Selain itu, imbangi dengan olahraga untuk mencegah Anda memikirkan hal yang kurang positif. Sehat tidak hanya dengan makan makanan yang sehat namun juga mengelola pikiran untuk tetap positif. Cara sederhana tersebut bisa membantu anda untuk mengontrol emosi serta pikiran menjadi lebih tenang dan stabil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s