Rutin Konsumsi Telur Dapat Mencegah Penyakit Stroke

Rutin Konsumsi Telur Dapat Mencegah Penyakit Stroke – Pastinya semua orang tahu jika penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi seseorang. Stroke ini terjadi jika pasokan darah ke bagian otak terputus karena adanya penyumbatan atau karena pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan sebagian sel-sel otak tidak berfungsi. Hal tersebut yang membuat penderita stroke mengalami gejala yang tidak normal seperti caa bicaranya yang tidak jelas dan kacau bahkan ada pula yang tidak dapat berbicara sama sekali. Bagian tubuh seperti mata dan mulut penderita stroke juga akan terlihat menurun dari posisi yang sebelumnya, selain itu bagian tubuh lainnya seperti lengan juga mengalami kelumpuhan dan tidak dapat digerakkan. Kondisi seperti ini lah yang membuat penyakit stroke begitu menakutkan jika mengalaminya.

Penyakit stroke ini memang akan berpengaruh pada kelangsungan hidup seseorang yang menderitanya dalam berabgai aspek. Bahkan dampaknya bisa menimbulkan kerusakan kerusakan yang meluas dan berlangsung dalam jangka waktu lama. Setiap penderita stroke butuh penanganan yang cepat dan tepat, begitu juga pada proses pemulihannya. Penderita stroke sangat membutuhkan rehabilitasi yang panjang dan sangat bergantung dengan gejala yang di alami oleh penderita serta tingkat keparahannya. Namun, kebanyakan kasus penderita stroke tidak dapat sembuh atau pulih dengan baik seperti normal lagi. Hal ini tentunya menambah ketakutan setiap orang. Oleh karena kita harus bisa merawat kesehatan dengan baik, walaupun memang stroke ini sering menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut, akan tetapi tidak jarang usia muda juga dapat mengalami penyakit ini.

telur

Maka, kita perlu mencegah penyakit stroke ini sejak dini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain berolahraga secara rutin, kita juga perlu memperhatikan asupan makanan yang baik untuk kesehatan kita. Mungkin sebagian besar orang sering mengkonsumsi telur dalam menu makanannya. Ternyata, sebutir telur ini dapat membantu kita untuk mencegah penyakit stroke secara alami dan aman. Mengkonsumsi telur satu per hari ternyata dapat mencegah stroke sampai 12 persen. Satu butir telur mengandung protein, vitamin A, D, E, serta zat antioksidan lutein dan zeaxanthin. Zat antioksidan ini telah tersebut mampu mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang menjadi salah satu penyebab penyakit stroke.

Konsumsi satu telur per hari sebenarnya tidak berisiko terhadap penyakit stroke tapi justru dapat membantu mencegahnya. Hanya saja hasil menelitian menyarankan agar setiap orang yang mengkonsumsi telur sebaiknya lebih memilih telur organik yang masih segar karena telur organik tidak mengandung bakteri dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan. Telur memiliki sumber protein yang sangat baik. Nutrisinya berhubungan baik dalam menurunkan tekanan darah, membuat suasana hati menjadi lebih nyaman dan menurunkan risiko stroke. Vitamin E, D, dan A dalam telur juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa bantu tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Namun, beberapa orang mungkin akan alergi terhadap telur jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Telur, bisa saja kehilangan nutrisinya karena cara memasak yang salah. Tidak sedikit orang yang alergi terhadap telur. Cara memasak yang salah juga akan mengurangi nutrisi di dalamnya. Kita menemukan bahwa telur bisa menurunkan risiko stroke selama kita mengonsumsinya dalam jumlah tepat maksimal 1 butir setiap hari dan dengan cara memasak yang benar seperti halnya direbus. Untuk itu, kita bisa rutin mengkonsumsi telur setidaknya 1 butir per hari untuk mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakit stroke sejak dini. Dengan mengkonsumsi telur 1 butir per hari kita sudah bisa mencegah stroke sejak usia muda, dan kesehatan di usia tua nanti bisa kita jaga dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s