Jenis Makanan Sehat Untuk Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Jenis Makanan Sehat Untuk Mengurangi Resiko Terkena Stroke – Stroke merupakan penyakit yang bisa dikatakan penyakit yang berbahaya, karena dapat menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh baik bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh. Penyakit stroke merupakan kondisi dimana tubuh atau otak memiliki banyak sel di dalamnya ada yang mati, sehingga efek yang akan dirasakan paling banyak akan mengalami kelumpuhan atau tubuh tidak bisa digerakkan dengan baik. Maka dari itu stroke bukan jenis penyakit yang dapat diabaikan apabila anda masih ingin bisa menggerakkan tubuh dengan normal. Namun, banyak orang masih sulit membedakan antara serangan stroke dengan jantung, akan tetapi kedua masalah ini dapat disebabkan oleh gaya hidup yang sama yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Jika serangan jantung terjadi akibat darah ke otot-otot jantung terhenti, dengan demikian stroke terjadi akibat pasokan darah tidak sampai ke otak.

Jadi, stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius yang membutuhkan penanganan cepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati. Hal inilah yang membuat penyakit stroke berbahaya bagi kesehatan karena stroke ini dapat menimbulkan kematian jika tidak segera di tangani dengan baik. Peredaran darah akan terus berjalan setiap harinya, sebab darah akan membawa oksigen, hormon, vitamin, nutrisi serta hal lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, pada penderita stroke peredaran darah mengalami hambatan atau tidak bisa berjalan dengan baik dan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cukup aliran darah.

Makanan sehat untuk penderita stroke

Stroke terjadi akibat darah yang mengalir ke otak hanya sedikit sehingga otak tidak mendapatkan cukup oksigen, kondisi ini lah yang nantinya akan menyebabkan mati sel otak atau yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh akan mengalami kelumpuhan dan tidak bisa digerakan dengan baik. Ada beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita stroke, diantaranya lidah sulit digerakkan, kencing tidak lagi terkontrol, rasa mengantuk yang sering dirasakan, sulit menelan makanan, sebagian tubuh mengalami kelumpuhan, kemampuan pandangan mata menjadi menurun, sulit untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan atau menggerakan anggota tubuh lainnya, dan sering mengalami sakit kepala mendadak tanpa ada sebab yang jelas atau tidak diketahui penyebabnya. Gejala tesebut sering dialami oleh penderita stroke, maka sangat penting untuk kita melakukan pencegahan terhadap penyakit stroke.

Sebenarnya, pencegahan dan pengobatan stroke ini bisa dikatakan mudah, kita hanya perlu merubah gaya hidup yang selama ini salah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang salah merupakan faktor utama terjadinya stroke, oleh karena itu ubahlah gaya hidup anda dengan baik dan sehat. Selain gaya hidup yang sehat, stroke juga bisa kita cegah dengan beberapa makanan sehat yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang baik untuk penderita stroke sebagai salah satu pengobatan dan juga pencegahan stroke agar tidak bertambah parah, diantaranya

– Buah Apel

Buah-buahan memang sudah tidak asing lagi bagi kesehatan kita, beberapa buah-buahan atau bahkan semua buah-buahan memiliki manfaatnya masing-masing untuk tubuh kita. Dan buah yang baik untuk penderita stroke adalah buah apel, buah ini manfaat yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti stroke, kandungan Quercetin yang terdapat di dalam apel bermanfaat untuk meredakan inflamasi yang memicu pembuluh darah mengeras. Apel juga mengandung kalium tingkat tinggi, mengumpulkan dan mendorong kelebihan natrium keluar dari tubuh. Ini akan membantu tubuh mengatur dan mempertahankan tingkat normal tekanan darah. Resiko serangan stroke dapat diturunkan sebesar 50% dengan mengkonsumsi sebuah apel setiap hari.

– Kangkung

Makanan sehat yang baik untuk penderit stroke selanjutnya yaitu kangkung, kangkung sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarena kan kangkung kalsium tingkat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan osmotik dari sirkuit dan tekanan darah pada tingkat normal. Kangkung adalah sayuran khusus yang sangat cocok untuk orang penderita tekanan darah tinggi dengan tanda sakit kepala yang merupakan penyebab utama penyakit stroke. Untuk itu, konsumsi kangkung secara rutin baik dapat mengurangi resiko terkena stroke.

– Bawang Putih

Bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi dalam dunia kesehatan tradisional, bahan dapur yang satu ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, dan ternyata bahan ini juga sangat baik untuk mengurangi resiko terkena stroke secara alami. Jika anda makan 2 siung bawang putih ke dalam masakan anda setiap hari secara rutin dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah menjadi stabil. Maka, jika anda makan 1-2 siung bawah puting setiap hari akan membantu anda mengurangi resiko tekanan darah, kolesterol, dan pembekuan darah yang dapat mengakibatkan penyakit stroke.

– Bayam

Selain dengan buah-buahan segar, untuk mengurangi resiko stroke juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan segar. Sayuran hijau memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, dan sayuran hijau yang baik untuk mengurangi resiko terkena penyakit stroke adalah bayam. Kandungan asam folat pada bayam sangat baik untuk otak. Nutrisi penting ini juga membantu perbaikan akibat kerusakan pembuluh darah yang pecah dan menyumbat di dalam otak. Anda bisa mengkonsumsi bayam secara rutin agar bisa terhindar dari penyakit stroke atau penyakit lainnya.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Jenis makanan sehat diatas bisa anda konsumsi secara rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan anda dengan alami dan aman. Untuk itu, marilah kita mengubah gaya hidup yang tidak sehat dengan mengubahnya menjadi gaya hidup yang sehat. Karena gaya hidup yang tidak sehat bukan hanya akan terkena stroke tapi penyakit berbahaya lainnya. Makan makanan yang sehat dan memiliki nutrisi yang baik, serta rutin berolahraga secara teratur merupakan gaya hidup yang sehat, sehingga kita dapat mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti stroke. Mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, karena hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan kita nanti.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s