Rokok Elektrik (Vape) Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Stroke

Rokok Elektrik (Vape) Dapat Meningkatkan Resiko Terkena Stroke – Sebagian orang yang hidup era zaman modern seperti sekarang ini mungkin sudah mengetahui tentang rokok elektrik atau sering disebut dengan nama vape. Rokok elektrik ini adalah salah satu rokok yang sangat populer khususnya dikalangan para perokok. Namun, sebagian orang mungkin berfikir bahwa rokok elektrik ini adalah rokok yang paling aman dibandingan dengan rokok tembakau seperti biasanya. Banyak orang yang tidak tahu resiko dari rokok elektrik ini, rokok ini justru dapat meningkatkan resiko terkena penyakit yang berbahaya seperti stroke dibandingkan dengan rokok tembakau. Mungkin kedengarannya memang sulit untuk di percaya, akan tetapi setiap masalah kesehatan akan timbul secara perlahan dan pada akhir hal yang tidak di inginkan pun akan terjadi pada diri kita.

Rokok elektrik ini lebih tinggi dan lebih cepat dalam meningkatkan resiko terkena serangan stroke. Dan pasti kita sendiri sudah mengetahui bahwa penyakit stroke ini merupakan penyakit yang berbahaya pada kesehatan dan bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya. Penyakit stroke merupakan kondisi dimana terjadinya ketika pasokan darah ke otak terputus akibat adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, yang mana akan terjadinya sel-sel pada sebagian area di otak. Maka, untuk itu kita harus berhati-hati dalam penggunaan rokok elektrik ini karena jika kita mengabaikannya hal buruk bisa saja terjadi pada tubuh kita yang sehat seperti sekarang.

vaping

Menggunakan rokok elektrik secara terus menerus maka akan mengurangi glukosa dalam otak, sedangkan glukosa merupakan bahan bakar yang di butuhkan oleh otak dalam meningkatkan neuron. Hal tersebut di akibat kan karena paparan dari asap zat kimia pada rokok elektrik, selain itu juga akan meningkatkan risiko terkena serangan stroke bahkan memperburuk cedera pada otak. Dan baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan dengan melakukan percobaan menggunakan tikus yang terkena uap vape selama 10 hari mengalami stroke dan kerusakan saraf lebih besar dibandingkan dengan tikus yang terpapar asap tembakau. Vape juga membuat otak menjadi lebih sedikit menyerap glukosa, yaitu zat yang membantu aktivitas otak.

Mungkin sebagian dari kita tidak memperdulikan masalah percobaan yang dilakukan oleh para ahli kesehatan seperti yang dijelaskan diatas, karena kita berfikir percobaan tersebut dilakukan menggunakan tikus yang merupakan hewan dan bukan seseorang atau manusia. Namun, coba fikir kembali tikus merupakan hewan yang bisa dikatakan hewan yang jorok dan tidak bisa merawat kesehatannya, dan kita adalah manusia yang bisa merawat kesehatan dengan baik. Tikus yang jorok saja bisa mengalami stroke, apalagi kita yang bisa menjaga kesehatan dengan baik, pastinya ini akan menjadi sebuah kerugian pada kesehatan kita, ditambah dengan pengguna rokok elektrik saat ini didominasi oleh para kaum muda yang masih memiliki kesehatan yang bagus dalam tubuhnya. Akan tetapi, bagiamana jadinya jika diusia muda kita sudah mengalami stroke, hal ini akan menjadi sebuah kekhawatiran bagi kehidupan kita nanti.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Selain meningkatkan risiko stroke, beberapa penelitian juga menemukan bahwa rokok elektrik meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit jantung. Paparan asap rokok elektrik secara signifikan mengganggu tingkat sirkulasi enzim yang diperlukan untuk pembekuan, sehingga berpotensi meningkatkan risiko stroke dan membuat cedera otak sekunder semakin buruk. Untuk itu, batasi penggunaan Vape secara terus menerus karena lambat laun pasti sesuatu bisa terjadi pada kesehatan anda. Akan tetapi, di balik bahaya rokok elektrik, vape di percaya dapat membantu para perokok merubah kebiasaan nya merokok untuk berhenti merokok. Menjaga kesehatan tubuh sejak dini adalah salah satu kunci utama tubuh tetap sehat di usia tua nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s