Manfaat Buah Mengkudu Untuk Penderita Stroke

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Penderita Stroke – Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui buah yang satu ini, buah mengkudu memiliki ciri khas bau yang tidak menyenangkan. Buah mengkudu ini juga dikategorikan sebagai buang majemuk artinya dalam tahapan-tahapan perkembangannya buah ini memiliki bentuk beragam. Ketika masih muda buah ini akan berwarna hijau yang mengkilap dan memiliki totol-totol. Sedangkan ketika buah ini telah beranjak tua akan berubah warna menjadi putih dengan bintik-bintik hitam. Manfaat buah mengkudu memang telah teruji secara klinis oleh berbagai penelitian dari ahli kesehatan. salah satu manfaat buah  mengkudu memang sangatlah banyak, namun yang paling terkenal adalah manfaat buah mengkudu untuk penyakit stroke.

Di dalam buah mengkudu terdapat kandungan senyawa yang disebut sebagai Scopoletin yang memiliki peran penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah yang menciut. Dengan cara ini maka peredaran darah pun akan lancar. Sehingga dengan cara ini maka penyakit stroke pun akan dapat terhindar. Penyebab utama dari penyakit stroke adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu dapat melindungi tubuh anda dari kerusakan yang disebabkan oleh stroke akibat sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Mengkudu juga mengandung asam nitrat yang membantu membuat pembuluh darah lebih elastis dan dengan demikian membantu dalam sirkulasi yang lebih baik.

mengkudu

Selain itu juga buah mengkudu akan menstimulasi tubuh untuk dapat memproduksi nitrat oksida yang juga memiliki peran dalam melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, dapat mengurangi tekanan pada arteri dan jantung. Sehingga dengan cara ini maka peran mengkudu dapat memperbaiki sistem peredaran darah dan kardiovaskular yang dapat mencegah munculnya penyakit stroke. kandungan lain yang terdapat dalam buah mengkudu yang disebut sebagai proseronin memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah sehingga akan mencegah munculnya penyumbatan pembuluh darah dan juga menghilangkannya.

Dari beberapa kasus penderita stroke ini diakibatkan karena tekanan darah tinggi yang datang tiba-tiba, oleh karena itu alira darah menjadi tidak deras lagi mengalir ke otak dan pembuluh darah koroner. Namun, yang perlu diingat, hipertensi ini hanya salah satu penyebab stroke di antara berbagai penyebab stroke lainnya. Untuk itu, buah mengkudu ini sangat baik untuk mengatasi penyakit pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke, stroke sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan yang berbahaya jika tidak segera dilakukan tindakan. Manfaat buah mengkudu untuk penyakit stroke sangat efektif karena didalam buah mengkudu ini juga terdapat kandungan nutrasetikal yang dalam meningkatkan kesehatan struktur sel dalam sistem peredaran darah.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Melihat begitu besarnya manfaat buah mengkudu ini, mulai sekarang anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu apalagi buah mengkudu ini juga memiliki manfaat lainnya yang lebih beragam. Seperti untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk meredakan rasa sakit, untuk anti bakteri, untuk mengatasi maagh, untuk menetralisir tekanan darah dan lain sebagainya. Untuk dapat mengambil manfaat buah mengkudu untuk penyakit stroke dan penyakit yang lainnya anda hanya tinggal memblendernya dan mengambil sari airnya. Beriktu ada beberapa cara untuk membuat ramuan mengkudu sebagai obat tradisional penyakit stroke, yaitu :

– Ambil buah mengkudu matang (agak lembek dan berair).
– Kupas kulitnya untuk menghilangkan bau khas mengkudu.
– Tusuk-tusuk menggunakan lidi.
– Rendam dalam air yang diberi sedikit garam selama 1 jam.
– Setelah itu, angkat dan cuci lalu lumatkan dan diperas dengan kain bersih.
– Hasil perasan diminum sehari sekali sebanyak 1/3 gelas sebelum tidur.
– Lakukan hingga tekanan darah normal.
– Buah mengkudu juga dapat di-blender sebagai obat alternatif stroke.

Itulah beberapa cara untuk membuat ramuan tradisional buah mengkudu sebagai mencegahan atau mengatasi penyakit stroke secara alami. Ternyata buah yang ada disekitar rumah kita seperti buah mengkudu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka untuk itu jika kita mempunyai pohon buah mengkudu ini kita bisa merawat dan menjaga kesehatan kita dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu juga, pengobatan dengan mengkudu ini bisa dikatakan efektif karena pengobatan tradisional lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping dibandingan dengan pengobatan kimia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s