Konsumsi Buah Durian Berlebih Berisiko Terkena Stroke Dan Jantung

Konsumsi Buah Durian Berlebih Berisiko Terkena Stroke Dan Jantung – Durian merupakan buah yang lezat namun memiliki bau yang menyengat. Masyarakat indonesia tentunya sangat menyukai buah durian ini, karena daging durian yang lembut cocok untuk dipadukan dengan makanan maupun minuman. Akan tetapi, selain lezat, buah durian ini juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk orang tertentu, makan durian tidak dianjurkan untuk yang memiliki masalah pada kesehatan karena pastinya setiap jika sudah suka dengan buah durian ini, akan terus mengkonsumsinya, hal ini lah yang tidak baik bagi kesehatan. Segala sesuatu yang berlebihan tentu akan berdampak kurang baik bahkan mendatangkan penyakit. Untuk itu jangan terlalu sering atau berlebihan dalam mengkonsumsi buah durian.

Buah durian ini memiliki kandungan atau senyawa alkohol seperti ethanol, menthanol, ethyl metacrylate dan berbagai senyawa sulphur. Untuk itu kita harus bisa membatasi mengkonsumsi buah durian, karena kita sendiri pasti tahu dampak buruk alkohol bagi kesehatan, diantaranya dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi bagi pengidap hipertensi dan penyakit penyertanya seperti jantung koroner, stroke, atau gangguan ginjal, mengkonsumsi durian berlebih bisa berdampak buruk terhadap penyakit yang dideritanya. Kandungan lemak dan glukosa dalam durian juga cukup tinggi. Lemak dalam buah sebetulnya merupakan lemak tidak jenuh, non kolesterol. Pada kondisi buah yang sangat matang, glukosa akan berubah menjadi alkohol.

dampak durian

Makan durian secara berlebihan membuat suhu darah meningkat dan detak jantung bertambah cepat di dalam memompa darah. Jumlah darah yang mengalir melalui pembuluh darah akan bertambah banyak dan peredarannya bertambah cepat sehingga ketika darah mengalir melalui pembuluh darah di jantung atau di otak tetapi kondisi pembuluh darah tersebut tidak sehat seperti ada pembuluh darah yang menyempit, mengeras atau tersumbat maka peredaran darah akan terhambat sehingga tekanan darah meningkat menekan pembuluh darah yang sakit tersebut. Akibatnya adalah pasokan darah ke syaraf-syaraf pusat otak terhambat sehingga dapat menyebabkan gejala sakit kepala, sakit tengkuk, badan pegal-pegal, stroke ringan dan bahkan stroke berat. Dan jika hambatan ini terjadi di dalam pembuluh darah jantung maka mengakibatkan badan pegal-pegal, sakit dada sebelah kiri dan bahkan serangan jantung.

Untuk itu seseorang dengan riwayat penyakit jantung sangat dianjurkan tidak mengkonsumsi durian berlebihan. Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Kandungan alkohol dan kolesterol tinggi yang terdapat pada buah durian akan membuat degup jantung cenderung cepat. Konsumsi buah durian juga menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam otak. Pembuluh darah yang menyempit membuat oksigen tidak dapat tersalurkan ke otak secara maksimal, hingga berakibat stroke.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Ternyata dibalik lezatnya buah durian ini juga memiliki sisi buruk untuk kesehatan kita, namun hal tersebut dapat terjadi apabila kita mengkonsusminya secara berlebihan. Penyakit stroke dan penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditakuti setiap orang karena kedua penyakit ini adalah penyakit yang mematikan bagi kesehatan kita dan dapat membuat seseorang mengalami kematian jika tidak ada tindakan apapun dilakukan untuk mengobatinya.

Mengkonsumsi buah durian berlebihan dapat berisiko terkena stroke dan penyakit jantung merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan dalam dunia kesehatan. Jika anda mengkonsumsi buah durian sebaiknya anda memperbanyak konsumsi air putih setelah mengonsumsi buah durian. Makan durian memang terasa nikmat, namun jangan sampai kenikmatan tersebut merusak nikmat sehat yang Anda rasakan sekarang, maka konsumsilah buah durian ini dengan wajar dan tidak berlebihan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s