Penyebab Pembuluh Darah Di Otak Pecah

Penyebab Pembuluh Darah Di Otak Pecah – Pembuluh darah memiliki tugas dan berperan penting untuk pasokan oksigen dan nutrisi pada semua organ vital dalam tubuh manusia. yang mengejutkan, pembuluh darah seseorang memiliki panjang hinga lebih dari 96 ribu kilometer atau setara dengan dua kali mengelilingi bumi jika ditarik dalam garis lurus. Selain itu, tugas pembuluh darah juga terbilang berat karena mereka harus terus-menerus mengalir selama hidup kita. Organ ini mampu mengangkut lebih dari 6800 liter darah tiap hari. Sepanjang usia manusia masih hidup, pembuluh darah akan mengangkut hingga miliaran liter darah ke seluruh tubuh. Sedangkan otak merupakan organ vital bagi manusia sebab di dalam otak banyak sekali pembuluh darah dan syaraf yang menaungi syaraf-syaraf indera yang ada di tubuh manusia. Otak juga terdiri dari berpuluh juta neuron sehingga jika satu neuron saja tidak berfungsi maka otak tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Tugas pembuluh darah sendiri adalah mengirimkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak, pembuluh darah yang ada diotak pun memiliki fungsi untuk menyalurkan oksigen dan juga nutrisi menuju ke otak. Jika masalah terjadi pada pembuluh darah, seperti pembuluh darah pecah terjadi di otak, maka hal ini akan menimbulkan pendarahan otak atau biasa disebut brain hemorrhage. Pendarahan ini akan berakibat fatal karena bisa mengakibatkan matinya sel-sel otak. Sebanyak 13 dari 100 orang yang stroke adalah dikarenakan pendarahan otak. Untuk itu, kita tidak boleh menyepelekan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita, hal ini dikarenakan pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita memiliki tugas yang berat. Selam manusia itu hidup, pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita bisa mengangkut bermiliar-miliar liter darah. Namun, ada berbagai masalah dan penyebab yang dapat menyebabkan pembuluh darah ini menjadi rusak dan pecah.

pembuluh darah di otak

Jika pembuluh darah rusak, maka tugas atau fungsi pembuluh darah itu menjadi terganggu akibatnya pasokan darah menuju seluruh tubuh manusia tidak bisa berjalan lancar. Dan untuk mengetahui penyebab yang dapat membuat pembuluh darah di otak mengalami kerusakan atau pecah, berikut ini ada beberapa penyebab yang dapat anda ketahui, antar lain :

– Tekanan darah tinggi

Salah satu penyebab pembuluh darah pecah di otak adalah tekanan darah tinggi. Bagi anda yang mengalami atau memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini. Tekanan darah tinggi atau dalam istilah medis disebut dengan hipertensi diduga sebagai pemicu berbagai macam penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Untuk itu, jika kita mengalami penyakit darah tinggi sebaiknya kita harus secepatnya melakukan penanganan dan pengobatan karena jika penyakit ini tidak segera mendapatkan penanganan maka hal pertama yang akan terserang adalah jantung, dan apabila jantung sudah terserang maka pembuluh darah yang ada diotak bisa berpotensi mengalami pecah.

– Aneurisma

Istilah aneurisma mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang, aneurisma merupakan penyebab seseorang mengalami pembuluh darah pecah di otak. Aneurisma merupakan semakin lemahnya dinding pembuluh darah akibat pembengkakan yang dialaminya. jangan pernah menganggap bahwa penyakit yang satu ini sepele, karena penyakit ini merupakan penyebab dan pemicu timbulnya penyakit stroke dengan pendarahan di otak jika sudah parah. Pembuluh darah yang mengalami penyakit ini bisa meledak kemudian membanjiri bagian otak kepala manusia sehingga penyakit stroke bisa timbul.

– Kelainan Darah

Hal yang bisa menyebabkan pembuluh darah di otak pecah lainnya adalah kelainan darah. Banyak sekali penyakit kelainan darah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pembuluh darah yang pecah. Contoh penyakit kelainan darah yang bisa menyebabkan perpecahan pembuluh darah di otak adalah penyakit hemofilia dan juga anemia jenis sel sabit. Hemofilia merupakan penyakit kelainan darah akibat darah sukar membeku sedangkan anemia sel sabit adalah penyakit kurangnya darah di dalam tubuh manusia. Anemia sel sabit merupakan penyakit yang sangat serius, meski jarang dialami namun penyakit ini bisa sangat mematikan. Penyakit anemia sel sabit ini membutuhkan perawatan seumur hidup dan termasuk dalam penyakit yang kronis. Orang yang mengalami anemia sel sabit biasanya diturunkan dari orangtua ke anaknya.

Itulah beberapa penyebab pembuluh darah di otak pecah, dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang dapat menyebabkan pembuluh darah di otak pecah seperti cidera, angiopati, tumor otak, penyakit hati, dan malaformasi arteriovenosa. Maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh agar pembuluh darah yang ada dalam tubuh kita tidak mengalami gangguan dan tetap berjalan dengan lancar. Pembuluh darah yang di otak yang pecah merupakan suatu kondisi yang sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan kita, karena jika pembuluh darah mengalami gangguan maka akan berdampak pada kesehatan tubuh kita. Pola hidup sehat serta pola makan yang baik penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dalam tubuh kita. Dan jika kita memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi ada baiknya berkonsultasi dengan dokter agar anda bisa mengontrol darah tinggi anda dengan baik. Rutin berolahraga dan hindari makanan dan minuman seperti alkohol atau obat-obatan yang merusak kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s