Manfaat Semangka Untuk Penderita Stroke

Manfaat Semangka Untuk Penderita Stroke – Penyakit stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh terputusnya pasokan oksigen ke otak, umumnya disebakan oleh tersumbatnya darah yang menuju ke otak, karena pasokan oksigen ke otak terputus. Maka sel-sel pada otak menjadi mati dan bisa menyebabkan beberapa organ tubuh menjadi lemah tak berfungsi hingga menyebabkan kematian. Dan hal inilah yang membuat penyakit stroke ini menjadi penyakit yang berbahaya, sebab jika tidak ditangani dengan baik dan cepat, gejala penyakit stroke ini dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada kesehatan anda. Maka, untuk itu penting bagi kita untuk mengetahui apa penyebab dan gejala dari penyakit stroke ini sedini mungkin, agar mempermudah dalam melakukan pencegahan penyakit stroke sedini mungkin, karena penyakit stroke ini bukan hanya menyerang seseorang yang berusia 40 tahun keatas, namun penyakit stroke juga dapat menyerang seseorang yang masih berusia muda, jika gaya hidup mereka tidak sehat.

Penyebab yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit stroke diantaranya, yaitu :

– Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah yang membawa oksigen ke otak. Selain tersumbat, pembuluh darah ini pun bisa pecah karena tekanan darah terlalu tinggi.
– Diabetes Militus atau penyakit gula.
– Faktor umur. Orang yang telah berusia lanjut mudah terserang penyakit hipertensi, (namun tidak tertutup kemungkin pada usia muda juga dapat mengalami penyakit stroke).
– Faktor genetik atau turun menurun. Resiko terkena penyakit stroke akan meningkat apabila ada orangtua atau keluarga yang mempunyai penyakit stroke.

Dan gejala yang biasanya dialami oleh penderita stroke yaitu :

– Adanya rasa pusing dan sakit yang terus menerus pada tengkuk dengan diikuti beberapa gejala stroke yang lain.
– Tangan atau kaki merasakan kesemutan hingga beberapa jam atau beberapa hari.
– Tangan atau kaki menjadi lemah mendadak.
– Lidah mendadak menjadi susah untuk digerakkan.
– Mendadak kurang lancar dalam berbicara atau menggerakkan lidah.

Manfaat Semangka Untuk Penderita Stroke

manfaat semangka

Rasanya yang manis, segar, dan memiliki banyak kandungan air membuat semangka menjadi buah yang ideal untuk dinikmati di kala panas terik. Tapi tak hanya unggul dari sisi rasa, semangka ternyata juga menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rajin makan semangka, ini segudang manfaat yang bisa Anda dapat, terutama untuk mencegah penyakit stroke. Untuk mengatasi masalah stroke dengan alami dan mudah, anda bisa mengkonsumsi buah semangka sebagai buah pencegah stroke. Buah Semangka mengandung sejumlah zat seperti protein, air lemak, karbohidrat, abu, serat; vitamin A, B, dan C. Disamping itu, Semangka juga mengandung asam amino, asam aminoasetat, sitrulin, asam folat, asam malar, arginin, karoten, bromine, kalium, natrium, silvit, dektrosa, sukrosa, dan juga fruktosa. Masing-masing zat tersebut memiliki manfaatnya tersendiri.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Lycopene merupakan salah satu antioksidan yang memberi warna merah pada semangka juga dikenal akan khasiatnya yang hebat untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi makanan kaya lycopene bisa mengurangi risiko stroke hingga 20 persen. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang tingkat lycopene di dalam tubuhnya tinggi, risiko terkena stroke 55 persen lebih rendah ketimbang orang yang kurang lycopene.

Lycopene pada semangka dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat kolesterol yang menyumbat aliran darah. Maka untuk itu, buah semangka ini dapat membantu anda mengurangi resiko terjadi penyakit stroke secara alami dan aman. Anda bisa mengkonsumsi buah semangka secara rutin dan teratur dan imbangi dengan pola hidup sehat dengan baik seperti berolahraga dengan rutin agar kondisi tubuh tetap terjaga dan sehat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s