Perawatan Bagi Penderita Stroke Di Rumah

Perawatan Bagi Penderita Stroke Di Rumah – Stroke merupakan sautu penyakit yang bisa dikatakan sangat berbahaya karena bisa mengancam kesehatan atau bahkan keselamatan jiwa penderitanya, penyakit stroke ini adalah gangguan pembuluh darah di otak yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah otak (infark), sehingga menghambat aliran darah ke bagian otak setelah sumbatan, atau akibat pecahnya pembuluh darah di otak, sehingga dapat menyebabkan darah keluar ke jaringan otak. Dan pada akhirnya bagian otak yang terlibat tidak bisa bekerja lagi secara normal. Bagian tubuh yang diatur oleh otak tersebut pun akan mati atau tidak bekerja seperti biasanya. Namun dampak dari stroke ini memiliki perbedaan setiap orangnya, tergantung dari bagian otak yang mengalami masalah.

Seseorang yang mengalami penyakit stroke ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut, tapi tidak tertutup kemungkinan kita yang masih berusia muda juga dapat mengalami penyakit stroke ini. Penderit stroke biasanya menjadi kurang produktif tetapi dapat di bantu untuk menjadi hidup normal secara mandiri. Penyakit stroke ini dapat menyerang organ persyarafan, maka pada umumnya akan menimbulkan gejala lanjutan seperti halnya kelumpuhan serta kelemahan beberapa anggota gerak tubuh tertentu. Penderita stroke sangat membutuhkan perawatan yang baik agar dapat memulihkan kembali kesehatannya. Perawatan ini biasanya dilakukan di bagian fisioterapi di rumah sakit. Selain itu dapat pula dilakukan di rumah untuk memberikan rasa nyaman bagi pasien serta menghemat biaya perawatan.

perawatan stroke

Maka untuk itu, perawatan yang baik untuk penderita stroke adalah dengan bantuan dari keluarga. Untuk merawat stroke setelah mendapatkan penanganan di rumah sakit, anda juga dapat melakukan perawatannya di rumah dengan beberapa cara yang sederhana dan juga mudah dilakukan. Perawatan dari keluarga saat penting untuk membuat penderita lebih bersemangat untuk sembuh dari penyakit stroke, berikut ini ada beberapa cara perawatan bagi penderita stroke di rumah, diantaranya :

– Menyediakan tongkat atau alat bantu jalan saat penderita ingin berjalan

Tongkat yang biasa digunakan untuk perawatan stroke adalah tongkat kaki empat yang terdiri dari berbagai macam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan penderita. Tongkat kaki empat biasa digunakan bila penderita masih dapat mengangkat tongkatnya. Jenis lain dari tongkat kaki empat dilengkapi dengan roda di bagian kaki depan tongkat tersebut dengan tujuan agar penderita stroke tidak perlu mengangkat tongkat tersebut, cukup didorong saja. Jenis lainnya dilengkapi dengan lipatan kursi dengan tujuan penderita stroke dapat sesekali duduk bila kelelahan berjalan. Penggunaan tongkat ini terlebih dahulu perlu didampingi hingga penderita stroke menjadi terbiasa.

Ketika penderita sedang berjalan dengan menggunakan tongkat atau alat bantu lainnya, anda harus berada di samping penderita atau mendampinya, hal ini bertujuan untuk menghindari penderita dari resiko jatuh. Anda harus selalu ada di samping penderita hingga si penderita mulai terbiasa menggunakan tongkat dengan lancar sendirian.

– Menggunakan alat bantu saat penderita sedang makan

Beberapa penderita stroke terkadang mengalami kesulitan menelan dan keluarga menganggap penderita tidak mau makan dan membiarkannya sehingga penderita jatuh dalam kondisi gizi buruk bahkan dehiderasi yang dapat mengganggu pemulihan, penderita stroke ini dapat dibantu dengan sonde di rumah sambil dilatih untuk dapat menelan dan seringkali hal ini berhasil. penderita stroke yang tidak mau makan atau tidak cukup makannya adalah masalah serius. pemasangan sonde sering dianggap kejam oleh anggota keluarga namun sesungguhnya sangat menolong. Sonde sendiri adalah pipa makanan yang digunakan untuk memberi makanan dan minuman ataupun obat-obatan kepada penderita stroke yang mengalami susah makan atau menelan.

– Memberikan semangat dan motivasi

Sebagian besar penderita stroke pastinya akan mengalami rasa depresi dan kehilangan semangat untuk hidup, maka untuk itu pendampingan dan dukungan keluarga serta semangat dari keluarga akan sangat menolong pemulihan. Beberapa penderita stroke sering kali merasa begitu depresif sehingga mencoba menelantarkan diri dengan menolak apapun yang diberikan kepadanya baik itu obat, makanan atau latihan, dan mungkin anda perlu bantuan dari seorang psikiater disamping dokter ahli saraf. Setelah penderita stroke duduk stabil dikursi roda dengan rasa nyaman dan tenang, cobalah ajak penderita berjalan-jalan, seperti bertamu kerumah keluarga, menegok cucu dan aktivitas-aktivitas luar ringan lainnya, hal ini sangat membantu pemulihan dibanding hanya membiarkannya terbaring dikasur sempit dan merasa terabaikan.

Baca Juga : Obat Stroke Alami

Berikan dukungan dan dorongan, dukungan yang kuat dari keluarga dapat sangat membantu dalam proses penyembuhan stroke. Selain itu, penderita stroke juga akan sulit untuk berbicara, Anda dapat membantunya dengan berbicara lebih lambat dan secara langsung serta mendengarkan dengan baik. Kesabaran dan ketekunan anda dalam merawat penderita stroke walau hanya dirumah bisa mengurangi gejala atau mungkin bisa sembuh walaupun tidak sepenuhnya sembuh total. Biasakan diri anda untuk tetap berkomunikasi dengan penderita stroke, hal ini untuk membuat penderita lebih nyaman dan tidak mengalami depresi atau frustasi yang berlebih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s