Cara Mencegah Stroke Di Usia Muda Secara Alami

Cara Mencegah Stroke Di Usia Muda Secara Alami – Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa dikatakan paling berbahaya di dunia selain penyakit jantung. Salah satu faktor utama penyakit stroke ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Stroke sendiri merupakan suatu penyakit yang dapat mengakibatkan terganggunya sistem saraf di otak yang akan mempengaruhi seseorang sulit untuk berbicara dan menggerakkan beberapa anggota tubuhnya. Hal yang fatal dari penyakit stroke ini adalah dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Kehidupan saat ini memang membuat pola hidup seseorang menjadi berubah dan pola makan mereka pun menjadi tidak sehat, karena saat ini banyak sekali makanan yang tidak baik dan memiliki kandungan yang seharusnya tidak boleh di makan. Selain karena makanan, pola hidup saat ini juga membuat seseorang mengalami stress, serta rutinitas kerja yang padat, membuat seseorang menjadi mudah emosi dan sebagainya.

Selain itu, seseorang yang mengalami stroke di usia muda juga bisa disebabkan karena adanya penyakit seperti hipertensi, diabetes (gula darah tinggi) dan gangguan pada jantung. oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memperhatikan angka tekanan darah (120/80), gula darah 100-140. Selain itu detak jantung dan irama jantung juga dapat menjadi pedoman awal untuk pemeriksaan dini. Penyakit stroke ini merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan aliran darah menuju otak. Namun pengertian penyakit stroke secara khusus adalah gangguan fungsi saraf yang terjadi secara mendadak akibata pasokan darah otak terganggu, kurangnya aliran darah dan oksigen menyebabkan serangkaian reaski biokimia yang dapat merusak atau mematikan sel-sel saraf di otak sehingga menyebabkan kelumpuhan anggota gerak, gangguan bicara, maupun penurunan kesadaran.

stroke

Pada umumnya sebagian besar orang mengatakan bahwa penyakit stroke ini hanya diderita oleh orang-orang yang sudah berumur tua, namun perkataan orang itu tidak benar, karena pada kenyataannya stroke juga bisa menyerang mereka yang masih berumur muda. Hal ini karena penyebab stroke bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak baik. Jika saat muda kita sudah melakukan gaya hidup yang tidak baik tidak tertutup kemungkinan bahwa kita akan terserang stroke pada usia yang masih muda. Apabila saat muda kita sudah mengalami stroke tentunya ini akan menjadi suatu kerugian besar dalam hidup kita dan masa-masa muda kita. Penyebab terjadinya penyakit stroke saat muda adalah kebiasaan kita yang hidup tidak sehat seperti merokok atau minum-minuman beralkohol. Karena kebiasaan seperti ini dapat memicu terjadinya stroke pada tubuh kita.

Penyakit stroke ini tidak boleh dianggap sepele karena stroke bisa menyebabkan kualitas hidup penderitanya menjadi menurun. Stroke bisa menyebabkan penderitanya mengalami kecacatan, tidak hanya itu saja stroke juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami kematian. Kematian ini bisa disebabkan oleh penderita stroke akut yang mengalami komplikasi. Memang orang yang telah lama menderita stroke bisa mengalami berbagai macam masalah komplikasi di dalam hidupnya misalnya saja dibarengi dengan penyakit jantung dan kelainan dibatang otak yang bisa menghentikan pernapasan penderitanya. Maka untuk mengatasi penyakit stroke di usia muda adalah dengan melakukan pencegahan. Sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal tersebut dikarenakan dengan mencegah kita bisa menghindari berbagai dampak buruk akibat penyakit stroke misalnya saja adalah kelumpuhan dan masalah berbahaya lainnya.

Pencegahan bisa kita lakukan dengan cara mengetahui apa penyebab penyakit stroke. Penyebab utama stroke di usia muda adalah berasal dari gaya hidup kita yang tidak baik, maka untuk itu hindari beberapa gaya hidup tidak baik tersebut, seperti :

  • Menghindari Rokok 

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh menjadi sumber penyakit karena asap itu bisa membuat penyempitan pembuluh darah, jika peembuluh darh menyempit maka asupan darah dan oksigen tidak bisa sampai ke otak. Rokok juga dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah sehingga beresiko pembuluh darah mengalami pecah. Rokok juga menyebabkan banyak plak tertimbun di pembuluh darah sehingga pembuluh darah mengalami penyempita. Namun, hal ini tidak berlaku untuk perokok pasif.

  • Memiliki Berat Badan Ideal

Untuk mencegah stroke adalah menjaga berat badan menjadi ideal tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk. Faktor penyebab stroke adalah obesitas dikarenakan obesitas bisa menyebabkan seseorang memiliki timbunan lemak di dinding pembuluh darah. Timbunan lemak itu bisa menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

  • Hindari Makanan Yang Digoreng

Orang Indonesia suka sekali dengan gorengan apalagi jika dimakan selagi panas. Pola makan yang seperti inilah yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena stroke. Hal itu dikarenakan semua makanan yang digoreng menggunakan minyak goreng atau minyak sawit mengandung lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh adalah lemak jahat yang tidak bagus bagi kesehatan tubuh.

  • Rutinlah Berolahraga

Bukan suatu rahasia lagi jika olahraga bisa digunakan sebagai pencegahan berbagai macam penyakit dan digunakan sebagai pola hidup sehat. Olahraga seperti aerobik dipercaya mampu menghindarkan dari penyakit stroke. Melakukannya pun harus rutin selama 30 menit per harinya. Olahraga bisa digunakan untuk melancarkan aliran darah ke otak. Penyebab stroke adalah kurangnya aliran darah dan juga oksigen yang menuju ke otak. Dan dengan olahraga kita dapat mengurangi lemak jahat yang menempel di pembuluh darah, akibatnya adalah pembuluh darah sedikit demi sedikit terbebas dari lemak jahat. Akibatnya adalah pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan dan juga penyumbatan.

Baca Juga : Obat Stroke Berat Dan Ringan

Itulah beberapa cara mencegah penyakit stroke di usia muda dengan alami dan aman. Mencegah memang selalu lebih baik dibandingkan dengan mengobati, lakukanlah pencegahan sebelum terlambat. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan. Kesehatan itu sangat mahal harganya, oleh sebab itu kita harus menjaga tubuh kita sebaik-baiknya. Salah satu cara menjaga tubuh dengan baik adalah menjalankan berbagai macam cara mencegah stroke dengan rutin dan teratur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s