Komplikasi Penyakit Stroke Hemoragik dan Iskemik

komplikasi penyakit stroke

Penyakit stroke dapat menyerang siapa saja dan secara umum diakibatkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi sehingga pembuluh darah tegang dan menyempit. Kondisi tersebut mengakibatkan aliran darah le otak tidak lancar atau tersumbat. Tidak lancarnya atau tersumbatnya aliran darah ke otak menyebabkan dampak terhadap tubuh, bahkan bisa sampai pingsan. Terlebih jika penyumbatan pembuluh darah berlangsung lama, maka dapat membuat sel saraf otak rusak dan mengakibatkan kesulitan berbicara dan kelumpuhan.

Pasca serangan stroke tersebut juga dapat memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan lainnya, yaitu komplikasi yang dapat membahayakan jiwa penderitanya. Sebagian besar yang dapat terjadi adalah Pneumonia, detak jantung tidak beraturan, trombosis vena, kesulitan menelan, infeksi saluran kencing, pendarahan di saluran cerna depresi dan mudah jatuh sampai mengalami patah tulang.

Selain itu, penderita stroke juga tak jarang mengalami pembengkakan, kulit kaki tampak berwarna kemerahan, rasa sakit, kulit terasa sakit saat ditekan dan kulit kaki terasa hangat. Itu karena trombosis vena dalam atau biasa disebut dengan penggumpalan darah pada kaki. Kondisi ini bisa diobati sesuai anjuran dokter untuk mengurangi tekanan darah pada kaki. Baca juga → obat penyakit stroke

Komplikasi lain yang bisa saja terjadi adalah Hidrosefalus atau tingginya produksi cairan serebrospinal yang muncul dengan gejala muntah, mual, hilang keseimbangan dan sakit kepala karena terjadi gangguan saraf. Komplikasi lainnya yaitu kesulitan menelan (disfagia) yang juga diakibatkan oleh kerusakan pasca serangan stroke.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s