Manfaat Bawang Putih Cegah Atheroskelrosis dan Penyakit Jantung

bawang putihSebagaimana kita ketahui bahwa bawang putih adalah rempah-rempah yang sering kita temukan di dapur. Umumnya digunakan untuk pelengkap masakan. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa bawang putih ternyata dapat menurunkan serum kolesterol. Selain itu, rempah bumbu masakan yang baunya khas ini juga dapat mencegah artheroskelrosisi dan penyakit jantung.

Hal tersebut sudah dibuktikan dengan beberapa study yang menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan serum kolesterol dan meningkatkan HDL kolesterol. HDL termasuk kolesterol yang baik bagi tubuh. Bawang putih juga berfungsi sebagai antikoagulan yang mempunyai kekuatan untuk memacu sistem fibrinolitik tubuh sehingga terjadi keseimbangan antara penggumpalan dan pelarutan darah.

Bawang putih mengandung yodium yang tinggi. Apabila mengonsumsinya dengan seledri maka akan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat gondok dan cacing. Bawang putih ini mengandung sulfur yang bersifat volatil, yaitu senyawa yang mudah menguap. Bawang putih juga mengandung mineral, anzim, selenium, glucosinolte dan germanium.

Baca Juga: Olahraga Sehat Yang Baik Untuk Memperkuat Jantung

Dengan kandungan yang ada pada bawang putih, maka jika mengonsumsinya dapat mencegah penyakit jantung dan pengerasan pembuluh darah, yang menjadi salah satu penyebab stroke. Bawang putih bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara. Ada yang dijadikan jus, dengan cara diblender atau pun bisa menyisipkannya pada masakan sehari-hari. Untuk itu, konsumsi bawang putih setiap hari ternyata dapat mencegah penyakit jantung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s