Harapan Hidup dan Kesembuhan Penyakit Stroke

Harapan Hidup dan Kesembuhan Penyakit Stroke – Pada stroke iskemik, harapan untuk hidup kurang lebih sekitar 80%, sedangkan pada stroke perdarahan harapan untuk hidup sekitar 50%. Di antara penderita stroke yang dapat diselmatkan separuhnya secara fungsional dapat pulih kembali dan separuhnya lagi akan hidup dengan kecacatan berupa kelumpuhan. Proses pemulihan penderita stroke memerlukan waktu yang lama.

Harapan Hidup dan Kesembuhan Penyakit Stroke

Pada bulan pertama setelah stroke, proses pemulihan berjalan sedikit cepat, tetapi setelah 3 sampai 6 bulan kemudian proses ini melambat dan setelah lebih dari 1 sampai 2 tahun akan menetap. Kita juga sering menjumpai ada penderita stroke yang dalam pemulihan ini dapat berbeda-beda pada setiap penderita.

Faktor lain yang mempengaruhi proses pemulihan ini antara lain ialah derajat dan percepatan pemulihan setelah stroke yang tergantung pada:

  • Luas dan lokasi kerusakan di otak
  • Tipe stroke (iskemik atau perdarahan)
  • Motivasi penderita untuk sembuh
  • Tidak cepat putus asa
  • Respon dan reaksi pengobatan stroke masing-masing individu terhadap obat yang diberikan

Stroke terjadi karena gangguan aliran darah yang mendadak pada bagian otak tertentu. jadi, terjadinya stroke bersifat mendadak tanpa peringatan terlebih dahulu. Gangguan aliran darah dapat berupa sumbatan pada pembuluh darah arteri yang memberi makanan berupa oksigen dan glukosa, sehingga terjadilah gangguan fungsi otak (kelumpuhan).

Harapan kesembuhan penyakit stroke dapat terjadi apabila pengobatan dilakukan dengan tepat. Tetapi pada umumnya, ada penderita stroke yang berhasil pulih sepenuhnya karena tindakan pengobatan memang dilakukan dengan tepat. Ada juga penderita stroke yang pulih tapi mengalami kelumpuhan dan pasien stroke juga ada yang tidak pulih sama sekali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s