Gangguan Jantung Meningkatkan Risiko Stroke

Gangguan jantungSalah satu faktor resiko terjadinya penyakit stroke adalah gangguan jantung. Beberapa gangguan jantung seperti penyakit jantung koroner, denyut jantung tidak beraturan, cacat katup jantung atau bilik jantung membesar merupakan faktor resiko stroke. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan terbentuknya gumpalan darah yang menyumbat laju darah ke otak dan menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Stroke dapat terjadi akibat adanya kelainan jantung dan sirkulasi demikian pula sebaliknya, stroke dapat menyebabkan kelainan jantung dan sirkulasi. Hubungan yang erat antara kelainan jantung dan stroke ini sudah lama diketahui dan tidak dapat disangkal lagi. Data–data yang oleh para peneliti menunjukkan bahwa kelainan jantung merupakan kemungkinan sumber emboli pada 20–25 kasus infark serebri.

Pada kelompok usia tua ternyata didapatkan prevalensi kelainan jantung yang tinggi pada penderita stroke. Penyakit jantung koroner mempunyai resiko 2X lebih besar untuk terjadinya infark serebri bila disertai dengan faktor resiko lainnya. Fator resiko stroke lainnya disamping imbole kardial adalah hipertensi, diabetes, hiperlipidemik, rokok, ras, umur dan riwayat keluarga.

Faktor Terjadinya Gangguan Jantung

  • Usia dan Jenis kelamin
  • Keturunan Dari Keluarga
  • Perokok Aktif atau Perokok Pasif
  • Penyakit Diabetes (kencing manis)
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Kegemukan atau Obesitas
  • Gaya hidup kurang Olah Raga
  • Stres / Emosi berlebihan

Gangguan jantung dapat meningkatkan resiko stroke, maka kita harus bisa mencegahnya sebelum terjadin komplikasi. Anda juga dapat membaca artikel upaya pencegahan penyakit stroke, untuk mengetahui lebih jelas apa saja yang menjadi pemicu terjadinya penyakit stroke ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s