Penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah

Penyempitan pembuluh darah atau atherosklerosis merupakan kondisi dimana pembuluh darah mengalami sumbatan berupa lemak berlebihan, yang mengakibatkan aliran darah ke berbagai organ tubuh terganggu. Keadaan ini merupakan penyebab terjadinya penyakit stroke, penyakit jantung, kolesterol tinggi dan asam urat. Seseorang yang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah akan mengalami berbagai macam gangguan, seperti gangguan pada otak, ginjal dan timbul gejala sakit kepala bagian belakang karena aliran darah ke otak terganggu.

Baca juga: https://obatstrokeberat.com/2014/09/11/mengatasi-pembuluh-darah-tersumbat/

Penyebab Terjadinya Pembuluh Darah Tersumbat

Pembuluh darah tersumbat

Makanan Berlemak Tinggi
Apabila kita setiap hari mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkeolesterol tinggi maka dapat memicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Makanan seperti: daging sapi, jeroan dan makanan berminyak akan menimbulkan endapan zat lemak yang melekat pada pembuluh darah sehingga dapat menyumbat.

Rokok
Zat kimia pada rokok dapat memicu banyak penyakit, selain dapat menyebbakan kanker, merokok dapat menimbulkan pembuluh darah tersumbat. Rokok memivu darah mudah menggumpal dan pembuluh darah mudah menciut atau menyempit.

Kurang Olahraga
Tubuh yang tidak banyak melakukan aktivitas olahraga atau tidak berkeringat dapat menimbulkan obesitas dan menyebabkan kelebihan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak dan secara terus-menerus menyebabkan timbunan lemak yang memicu tersumbatnya pembuluh darah.

Selain tiga poin diatas, pembuluh darah tersumbat dapat dikiabtkan oleh stress. Kondisi ini dapat meningkatkan hormon kortisol yang melebihi batas normal dan meningkatkan kadar LDL dalam darah. Pemicu lain yang menjadi penyebab pembuluh darah tersumbat adalah tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes.

Tekanan darah yang tinggi mengakibatkan gesekan antara aliran darah dengan dinding pembuluh darah akan semakin tinggi yang dapat menyebabkan inflamasi, penebalan, peradangan dan pengapuran. Diabetes juga ikut serta dalam penyebab ini, karena diabetes menyebbakan kerusakan endotel sehingga plak pada pembuluh darah akan lebih cepat terbentuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s