Kebiasaan Merokok Dapat Menyebabkan Stroke

Merokok dapat menyebabkan strokeKebiasaan merokok dapat menyebabkan stroke bukan masalah baru sebenarnya, namun seringkali kita tidak pernah menghiraukan itu dan pada akhirnya stroke yang tidak kita inginkan secara mendadak terjadi pada diri kita. Ini penting bagi anda untuk mengetahui bahwa aktivitas merokok menimbulkan banyak efek yang negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Sekarang juga cegah penyakit stroke dengan berhenti merokok, dan mulai menerapkan pola hidup yang sehat.

Secara garis besar, penyakit stroke terjadi akibat adanya plak aterotrombotik yang menghambat aliran darah ke otak, dan hal tersebut menyebabkan kematian pada jaringan dan sel otak. Penelitian akhir-akhir ini menemukan bahwa plak aterotrombotik tersebut dapat terbentuk dari efek asap rokok.

Dalam penelitian tersebut di sebutkan bahwa asap rokok bersifat aterogenik yang meningkatkan resiko iskemik pada pembuluh darah seperti infark akut dan stroke. Hal itu karena rokok mengandung jutaan zat kimia yang berbahaya, yang dapat mengganggu aliran darah otak. Data menunjukan bahwa perokok kronis memiliki insidensi yang lebih tinggi terhadap kejadian iskemik pembuluh darah kecil, dan asap tembakau tersebut dapat menginduksi cedera oksidatif pada sistem serebrovaskular.

Baca Juga : Obat Stroke

Tips Berhenti Merokok:

  • Kuatkan niat anda untuk berhenti merokok
  • Ganti rokok dengan cemilan atau permen
  • Alihkan aktivitas merokok dengan kesibukan yang lebih penting
  • Cukupi asupan air putih anda setiap hari
  • Kunjungi tempat bebas asap rokok
  • Biasanya godaan merokok adalah setelah selesai makan, cobalah untuk mengganti rokok dengan makanan penutup seperti: susu, cokelat atau permen
  • Lakukan terapi dan konsulasi kepada dokter
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s